Mohon tunggu...
KKN Tematik Gemawang
KKN Tematik Gemawang Mohon Tunggu... Mahasiswa - Kegiatan KKNT Desa Gemawang Jambu Kabupaten Semarang

Upload reportase kegiatan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Tim KKN Tematik Undip Desa Gemawang 2021 Kembangkan UMKM Go Digital dan Lintas Bahasa

30 November 2021   10:26 Diperbarui: 30 November 2021   10:39 42 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber Foto : Dokumen Pribadi

Semarang,29/10 Mahasiswa KKNT Undip melaksanakan KKN Tematik di Desa Gemawang Jambu Kabupaten Semarang. bahwasannya kegiatan kuliah kerja nyata atau biasa kita sebut KKN merupakan bentuk pengabdian mahasiswa ke masyarakat. Desa Gemawang merupakan Desa Vokasi pertama di Indonesia. Di Desa ini kita bisa belajar dari berbagai bidang. Ciri khas yang ada di Desa Gemawang ini memiliki brand batik yaitu Batik Gemawang dan berbagai UMKM lain . dari berbagai usaha umkm yang ada, Mahasiswa KKN Undip melakukan program " UMKM GO Digital dan Lintas Bahasa" .

Di masa Pandemi Covid-19, Mahasiswa KKN Tematik Undip Gemawang 2021 berupaya mengembangkan UMKM yang ada di Desa Gemawang dengan melakukan pemasaran menggunakan platform digital. Pradipta Adi Utama salah mahasiswa kkn yang menjalankan program ini menyatakan "dengan adanya program yang kami berikan, kami berharap dapat berguna ke depannya. Karena era kita saat ini merupakan era 4.0 yang dimana hampir seluruh populasi dunia sudah menggunakan perangkat digital dalam melakukan komunikasi sehari-hari. Terangnya.

Sementara itu Muhammad Iqbal Izzat salah satu mahasiwa kkn yang menjalankan program pendambingan lintas bahasa yang diterapkan dalam UMKM Desa Gemawang menerangkan "Gemawang merupakan Desa Wisata, yang di dalamnya terdapat berbagai bidang. Selain menjadi Desa Wisata, Gemawang juga menjadi Desa Vokasi. Yang dimana pengunjungnya berasal berbagai daerah lokal dan mancanegara. Dengan adanya program ini saya berharap kedepannya dapat digunakan sebagai panduan pelaku UMKM Desa Gemawang untuk berkomunikasi dengan tamu dari negara luar. Terangnya.

Dengan adanya inovasi pemasaran produk menggunakan platform digital diharapkan bisa meningkatkan penjualan produk UMKM di masa yang akan datang.

Adapun rangkaian kegiatan dari pengembangan UMKM Desa Gemawang dalam digitalisasi dan penerapan lintas bahasa yaitu ada Pendampingan cara menggunakan platform digital dan menerapkannya. Selain itu juga pendampingan dalam berbahasa.

Pemilik Batik Gemawang Abdul Kholiq Fauzi menyatakan " dengan datangnya mahasiswa KKN yang melakukan pendampingan dalam pemasaran digital pada pelaku umkm dan pendampingan lintas bahasa. Ini sangat berguna untuk UMKM Desa Gemawang karena dengan adanya digitalisasi umkm dapat di kenal masyarakat luas. Kemudian untuk pendampingan lintas bahasa itu juga sangat berguna jika ada tamu dari luar negeri datang kesini sehingga pelaku umkm jika berkomunikasi dengan tamu mancanegara tidak kesulitan dalam berkomunikasi. Terangnya saat ditemui di Batik Gemawang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan