Mohon tunggu...
kkn saptorenggo
kkn saptorenggo Mohon Tunggu... KKN Universitas Negeri Malang 2020

Akun ini dikelola oleh mahasiswa Universitas Negeri Malang yang melaksanakan KKN di Desa Saptorenggo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang pada 29 Mei-5 Juli 2020.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mahasiswa KKN UM Mengembangkan Taman Baca Virtual dalam rangka Menggalakkan Pendidikan Literasi Masyrakat

30 Juni 2020   19:15 Diperbarui: 30 Juni 2020   23:09 14 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN UM Mengembangkan Taman Baca Virtual dalam rangka Menggalakkan Pendidikan Literasi Masyrakat
Penyerahan blog Taman Baca Virtual kepada Kepala Desa Saptorenggo, Suwadji, hari ini 30 Juni 2020. dok.mahasiswa

Terhitung sejak tanggal 29 Mei 2020 mahasiswa asal Universitas Negeri Malang (UM) melakukan pengabdian kepada masyarakat di tengah pandemi. Pengabdian yang dilakukan merupakan sebagai salah satu mata kuliah Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang harus ditempuh oleh seluruh mahasiswa Strata satu (S1) di Universitas Negeri Malang, dibawah naungan LP2M yang diketuai oleh Prof. Dr. Markus Diantoro, M.Si. 

Sebanyak 20 mahasiswa asal Universitas Negeri Malang dari lintas jurusan melakukan pengabdian di Desa Saptorenggo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang secara daring (dalam jaringan) atau secara online yang dibina oleh Ibu Putri Mahanani, S.Pd., M.Pd. KKN yang dilakukan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena diselenggarakan dengan meminimalisir kontak fisik dengan masyarakat namun tetap memberi manfaat bagi masyarakat. 

Adanya wabah internasional yaitu Pandemi Coronavirus Disease (COVID-19) tidak mematahkan semangat para peserta KKN di Desa Saptorenggo untuk menghidupkan nyawa-nyawa Perpustakan sebagai Tempat baca buku. Karena di tahun 2020 ini KKN yang diadakan merupakan KKN online maka peserta KKN di Desa Saptorenggo membuat dan mengembangkan sebuah inovasi dalam meningkatkan kemampuan literasi masyarakat, utamanya anak usia sekolah berupa Taman Baca Virtual.

Adanya pandemi yang saat ini dirasakan hampir seluruh masyarakat di dunia memaksakan untuk menjalankan aktifitas seperti biasanya melalui online (daring) salah satunya belajar dan bekerja dari rumah. Semua lapisan dan golongan masyarakat ikut terdampak, tidak terkecuali anak-anak usia sekolah di Desa Saptorenggo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. 

Berdasarkan hal tersebut, peserta KKN termotivasi untuk mengatasi salah satu masalah berkenaan dengan "kebosanan" belajar atau bekerja di rumah dengan menyajikan Taman Baca Virtual. Taman Baca Virtual dikembangkan sedemikian rupa sehingga diharapkan tetap membuat semua orang tertarik membaca dan bisa belajar.

Taman Baca Virtual merupakan sebuah pengembangan blog yang dipersembahkan secara khusus oleh peserta KKN kepada masyarakat Desa Saptorenggo. Pembuatan blog tersebut mengadopsi dari fungsi perpustakaan secara umum, yaitu sebagai tempat belajar, utamanya kegiatan membaca buku. Oleh karenanya pengembangan ini diharapkan mampu  meningkatkan kemampuan literasi masyarakat. Para peserta KKN menyajikan beberapa karya yang sengaja dirancang berdasarkan sumber yang terpercaya. Pembuatan karya tersebut salah satunya diwujudkan dalam bentuk buku elektronik (e-book) yang kemudian diunggah di laman Taman Baca Virtual.

E-book yang dikembangkan oleh tim berhubungan dengan konten edukasi, sastra dan life style yang membantu produktivitas selama di rumah. Layaknya perpustakaan pada umumnya, Taman Baca Virtual dirancang menyajikan beberapa bacaan ringan, termasuk diantaranya resep masakan, cerpen, bacaan anak-anak, dsb.

 Dengan demikian produk pengembangan ini tidak hanya bisa dinikmati oleh anak-anak usia sekolah, namun juga bagi orang dewasa. Pengembangan Taman Baca Virtual juga mempertimbangkan peran masyarakat era masa kini yang cenderung lebih menyukai membaca melalui gadget daripada membaca buku secara langsung. Adanya fenomena tersebut menjadi pertimbangan untuk membuat taman baca secara online sebagai wujud pengabdian di Desa Saptorenggo.

Oleh:

Putri Mahanani                                                  

Yaniar Dian Rahayu

Firnanda Nur Aulia

Laksmi Kirana Jakti

Adiska Prambayun

Siska  Tya Rahayu

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x