Pada era digital ini, memiliki kemampuan digital marketing yang mumpuni menjadi hal yang esensial terutama bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam mengembangkan bisnis mereka. Memahami kebutuhan tersebut, kami dari Divisi Ekonomi Kreatif KKN Posko 30 UIN Walisongo Semarang dengan bangga menyelenggarakan Seminar Digital Marketing yang diperuntukan khusus bagi ibu ibu pelaku UMKM yang ada di Kelurahan Karangroto Kecamatan Genuk, dengan tema "Pemanfaatan Media untuk Branding dan Pemasaran".
 Seminar ini  diadakan pada tanggal 20 Juli 2024 di Balai Kelurahan Karangroto Kecamatan Genuk.Seminar ini dirancang khusus untuk Ibu-Ibu Pelaku UMKM yang ingin meningkatkan pemahaman tentang digital marketing dan pentingnya bagi bisnis mereka, mempelajari strategi branding dan pemasaran yang efektif di media digital, meningkatkan penjualan dan menjangkau pelanggan yang lebih luas.
Materi yang dibahas dalam seminar ini meliputi:
* Pengenalan dasar digital marketing
* Strategi branding untuk UMKM
* Pemasaran di media sosial untuk UMKM
* Pelatihan cara mendaftarkan produk atau jasa ke aplikasi digital marketing melalui aplikasi Gobiz
Tujuan diadakannya Seminar Digital Marketing ini bagi ibu-ibu pelaku UMKM yaitu:
1. Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Digital Marketing
2. Meningkatkan Kemampuan Branding dan Promosi
3. Meningkatkan Peluang Bisnis dan Penjualan
4. Meningkatkan Kemampuan dan Kepercayaan Diri
Menurut keterangan Ibu Rodiah selaku Ketua UMKM di Karangroto, kegiatan ini mendapatkan respon yang positif dari ibu ibu pelaku UMKM. "Pemasaran digital saat ini tentunya sangat penting untuk meningkatkan penjualan, selain itu juga dari seminar ini nantinya ibu ibu pelaku UMKM dapat menjual produknya lewat aplikasi digital yang sudah diajarkan," ujar beliau.
"Kami juga berterima kasih kepada mahasiswa KKN UIN Walisongo Posko 30 yang telah mengadakan Seminar Digital Marketing ini. Harapan kami, dengan mengikuti seminar ini, ibu-ibu UMKM di Karangroto dapat memanfaatkan platform digital seperti ShopeeFood, Gofood, dan GrabFood untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas dan meningkatkan omzet penjualan mereka. Semoga seminar ini dapat menjadi awal yang baik bagi ibu-ibu UMKM di Karangroto untuk berkembang dan maju di era digital," tambahnya.
Dengan mengikuti seminar digital marketing ini merupakan langkah tepat bagi Ibu-Ibu Pelaku UMKM untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan mereka dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan bisnis mereka. Dengan mengikuti seminar ini, Ibu-Ibu Pelaku UMKM yang ada di Kelurahan Karangroto dapat meningkatkan peluang mereka untuk mencapai kesuksesan dan berkontribusi pada kemajuan ekonomi.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI