Mohon tunggu...
Kkn L5
Kkn L5 Mohon Tunggu... Kuliah Kerja Nyata

Berisi kegiatan Kuliah Kerja Nyata Dari Universitas Budi luhur kelompok L5 yang dilaksanakan di wilayah petukangan selatan RW 07

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Universitas Budi Luhur Sosialisasi ke Masyarakat Petukangan Selatan dalam Meningkatkan Pola Hidup Bersih dan Sehat

25 Februari 2021   14:04 Diperbarui: 25 Februari 2021   15:40 67 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Universitas Budi Luhur Sosialisasi ke Masyarakat Petukangan Selatan dalam Meningkatkan Pola Hidup Bersih dan Sehat
Pembukaan KKN di RW 07 Petukangan selatan (Dokpri)

Jakarta, 25 Februari 2021

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk perwujudan pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa kepada masyarakat serta merupakan bentuk implementasi dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Program KKN sebagai sarana bagi setiap mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan secara nyata serta mengabdi kepada masyarakat untuk memanfaatkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) maupun Sumber Daya Manusia (SDM). Tema pelaksanaan KKN dari kelompok kami yaitu "Optimalisasi Masyarakat Kelurahan Petukangan Selatan Dalam Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Di Masa Pandemi". Program-program yang telah dirancang tersebut diharapkan mampu membangun minat masyarakat di wilayah RW 07 Kelurahan Petukangan Selatan untuk terus sadar akan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Dimasa Pandemi saat ini. Kegiatan KKN dilaksanakan dalam kurun waktu 4 minggu yaitu pada tanggal 17 Januari 2021 - 7 Februari 2021 yang bertempat di Wilayah RW 07 Kelurahan Petukangan Selatan.

Program yang dilaksanakan pada Hari Minggu, 17 januari 2021 yaitu Pembuatan kompos, kompos adalah sisa-sisa bahan organik yang telah mengalami pelapukan, bentuknya berubah (menjadi seperti tanah), tidak berbau, dan mengandung unsur yang dibutuhkan tanaman. Kompos juga merupakan salah satu jenis pupuk organik yang berasal dari penguraian atau dekomposisi bahan organik yang dilakukan oleh mikro-organisme aktif (bakteri/jamur/mikroba). Salah satu bahan yang sangat potensial untuk diolah menjadi kompos adalah sampah organik rumah tangga. Pengolahan sampah rumah tangga menjadi kompos memiliki manfaat ganda, yaitu mengatasi masalah sampah rumah tangga, sekaligus mendapatkan pupuk organik yang sangat bermutu. Tujuan dari program ini untuk menghasilkan pupuk kompos yang dapat digunakan untuk bercocok tanam dilingkungan RW 07 Kelurahan Petukangan Selatan.

Edukasi Kompos dari sampah sayur dan Buah (Dokpri)
Edukasi Kompos dari sampah sayur dan Buah (Dokpri)

(Dokpri)
(Dokpri)

Program selanjutnya yang kami laksanakan yaitu kegiatan Kerja Bakti, Kegiatan ini dilakukan karena banyaknya sampah dan daun kering yang berserakan dilingkungan taman yang ada diwilayah sekitar RW 07 Kelurahan Petukangan Selatan. Manfaat yang diperoleh dari kegiatan kerja bakti ini yaitu lingkungan taman diwilayah RW 07 menjadi lebih bersih sehingga sumber penyakit dapat dikurangi. Serta merealisasikan pola hidup bersih dilingkungan masyarakat.

Kerja bakti di Taman RW 07 petukangan selatan (Dokpri)
Kerja bakti di Taman RW 07 petukangan selatan (Dokpri)

(Dokpri)
(Dokpri)

Diminggu ke-2 Kami melaksanakan program Pembagian masker dan Handsanitaizer kepada warga lingkunga RW 07. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan pentingnya memakai masker dan membawa handsanitaizer saat berpergian keluar rumah di masa Covid-19, dengan harapan mengurangi resiko terjangkit virus Covid-19.

Pembagian masker dan Handsanitaizer di RW 07
Pembagian masker dan Handsanitaizer di RW 07
HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN