Mohon tunggu...
KKN Kelompok 56 Desa Sidomulyo
KKN Kelompok 56 Desa Sidomulyo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Jember, UnMuh Jember, Stikes dr. Soebandi, UIJ

Akun ini adalah milik anggota kelompok KKN 56 yang sedang bertugas di Desa Sidomulyo, Kab. Jember, Jawa Timur sampai tanggal 26 Agustus 2022. Akun ini digunakan untuk memenuhi tugas mingguan yang berupa publikasi artikel mengenai Desa Sidomulyo.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

KKN Kolaboratif Jember: Pengenalan Destinasi Wisata di Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember

29 Juli 2022   13:55 Diperbarui: 29 Juli 2022   15:25 294 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Balai Desa Sidomulyo (dokpri)

Perkenalkan kami dari kelompok 56 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaboratif  yang terdiri dari : Universitas Jember, Universitas Muhammadiyah, Universitas Dr. Soebandi dan Universitas Islam Jember yang diterjunkan di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo, Kabupaten Jember

Desa Sidomulyo adalah salah satu desa yang berada di ujung timur Kabupaten Jember, Jawa Timur, lebih tepatnya di Kecamatan Silo. Desa ini terdiri atas 6 Dusun, yaitu Dusun Krajan, Curah Damar, Curah Manis, Tanah Manis, Gunung Gumitir, Garahan Kidul. Mayoritas penduduk Desa Sidomulyo memiliki mata pencaharian yang bergerak di sektor pertanian, khususnya kopi. Meskipun berada di kaki gunung, Desa Sidomulyo merupakan desa yang cukup maju dan merupakan satu-satunya desa digital di Kabupaten Jember.

"Desa Sidomulyo itu sering dijadikan contoh oleh desa-desa lain soalnya desa kita ini sudah sangat melek digital" ujar Murni Eka, selaku istri kepala Desa Sidomulyo (26/07/2022). 

Selain merupakan desa digital, desa ini juga dikenal dengan desa wisata karena memiliki berbagai destinasi wisata yang dapat dikunjungi oleh masyarakat yang ingin melepas penat setalah aktivitas yang melelahkan. "Di Desa kita ini memiliki cukup banyak tempat wisata yang berbasis wisata edukasi" ucap Kepala Desa Sidomulyo, Kamiludin (25/07/2022).

Beberapa tempat wisata tersebut meliputi Raja Domba, Rumah Batik Pinus, dan Cafe Sawah. Udara yang sejuk sangat mendukung desa ini untuk menjadi desa wisata. Akses untuk menuju destinasi wisata yang berada di Desa Sidomulyo cukup mudah dan nyaman untuk dilewati kendaraan bermotor.

Raja Domba adalah salah satu tempat wisata edukasi yang berada di Desa Sidomulyo. Lokasinya sangat mudah untuk ditemukan karena berada di dekat pintu masuk desa Sidomulyo. Tempat ini sangat cocok untuk menjadi destinasi wisata edukasi terutama untuk anak-anak usia balita hingga remaja karena disini kita akan mendapatkan penjelasan lebih lanjut mengenai domba seperti cara beternak domba, jenis domba, dll. Selain itu, Raja Domba juga melayani pembelian domba apabila kita tertarik untuk membeli. 

Raja Domba Indonesia (dokpri)
Raja Domba Indonesia (dokpri)

Selanjutnya ada Rumah Batik Pinus Sidomulyo. Berlokasi di sebelah Balai Desa Sidomulyo, Rumah Batik Pinus sangat mudah untuk ditemukan. Di tempat ini pengunjung dapat melihat dan belajar bagaimana cara membuat batik. Untuk tiket masuk, pengunjung cukup membayar Rp 20.000 saja. Rumah Batik Pinus juga menyediakan kain batik yang dapat dibeli oleh pengunjung dengan harga yang cukup terjangkau. 

Rumah Batik Pinus (dokpri)
Rumah Batik Pinus (dokpri)

Selain Raja Domba dan Rumah Batik Pinus, Cafe Sawah merupakan pilihan destinasi wisata yang dapat dikunjungi ketika berada di Desa Sidomulyo. Seperti namanya, Cafe Sawah memang berada ditengah area persawahan. Pemandangan yang disuguhkan di Cafe Sawah sangat memanjakan mata ketika siang hari, tetapi tidak kalah indah pada malam hari ketika lampu-lampu telah dinyalakan. Makanan dan minuman yang disediakan juga cukup terjangkau. Cafe ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga maupun teman, namun dangat disarankan bagi pengunjung untuk memakai pakaian yang hangat karena udara yang cukup dingin dan angin yang kencang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan