Mohon tunggu...
KKN DesaTegaren
KKN DesaTegaren Mohon Tunggu... Mahasiswa KKN UM Tegaren 2021

Portal yang digunakan sebagai wadah publikasi kegiatan KKN Pulang Kampung Universitas Negeri Malang Edisi Covid-19 Tahun 2021 khususnya di Desa Tegaren, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek JawaTimur dalam mendistribusikan berita atau dokumentasi terbaru.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Gandeng Tim KKN UM, Sukseskan Program Vaksinansi Massal di Desa Tageran

22 Juni 2021   18:15 Diperbarui: 22 Juni 2021   18:24 104 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gandeng Tim KKN UM, Sukseskan Program Vaksinansi Massal di Desa Tageran
Gbr 1. Pemasangan Banner Vaksinasi

Reporter : Christian Hadhinata

Puskesmas Pucanganak menggandeng Desa Tegaren dan Tim KKN UM dalam program vaksinasi yang dilakukan pada hari Sabtu (19/06/2021). Kegiatan ini sukses diikuti oleh 84 orang penerima vaksin, mulai dari kalangan anak muda hingga lansia.

Tim KKN UM turut andil dalam membantu jalannya kegiatan tersebut mulai dari pukul 08.00 sampai 14.00. Mereka ditugaskan untuk membantu mempersiapkan tempat, pendataan peserta hingga menjadi peserta vaksinasi.

Sebelum divaksin, calon penerima vaksin harus melakukan pendataan terlebih dahulu di beberapa pos yang tersedia. Pada pos pertama, calon peserta harus melakukan registrasi dan mengisi daftar hadir. Pos kedua dilakukan pengecekan tanda-tanda vital, seperti tekanan darah, berat badan, hingga riwayat penyakit. Pos ketiga yaitu tempat penyuntikan vaksin. Setelah divaksin, peserta kemudian akan memperoleh kartu dan sertifikat vaksinasi.

Gbr 2. Registrasi Peserta Vaksinasi
Gbr 2. Registrasi Peserta Vaksinasi

Kegiatan ini direspon positif oleh peserta vaksinasi. Agung (21), salah satu mahasiswa KKN UM yang menerima vaksin merasa berterima kasih atas vaksin yang telah diberikan kepadanya. Sempat ragu dengan vaksin yang akan diberikan, ia kemudian setuju untuk divaksin setelah berkonsultasi dengan petugas di sana.

“Setelah divaksin, saya tidak merasakan efek samping, seperti gatal, panas, dan alergi. Saya malah tidur dengan pulas.” tanggapannya saat diwawancarai. Ia juga berpesan kepada seluruh teman KKNnya agar tidak takut untuk vaksinasi.

Sebelumnya, vaksinasi merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia dalam mengakhiri pandemi COVID-19 yang belum menunjukkan tren penurunan pasien.

VIDEO PILIHAN