Mohon tunggu...
KKN DESA KALIBENDO
KKN DESA KALIBENDO Mohon Tunggu... Lainnya - KKN 452 UNIVERSITAS JEMBER

KKN TEMATIK UMD PERIODE II 2021/2022 KELOMPOK 452 UNIVERSITAS JEMBER

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Kolaborasi Mahasiswa KKN Kelompok 452 Universitas Jember Bersama Masyarakat Desa Kalibendo dalam Upaya Penanganan Stunting Melalui Pelatihan Budidaya dan Pengolahan Jamur Tiram

18 Agustus 2022   23:30 Diperbarui: 19 Agustus 2022   05:39 86 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar 1. Foto bersama Mahasiswa KKN Kelompok 452 Universitas Jember pada Kegiatan Sosialisasi Budidaya dan Pengolahan Jamur Tiram/dokpri

           Lumajang-- Minggu, 14 Agustus 2022 Mahasiswa KKN Universitas Jember Kelompok 452 Desa Kalibendo menyelenggarakan kegiatan pelatihan budidaya jamur tiram serta inovasi makanan sehat yang bebas dari bahan kimia dengan bahan utama yaitu jamur tiram yang ditargetkan diberikan kepada anak -- anak dibawah umur. 

          Kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN Kelompok 452 Universitas Jember berupa penyuluhan yang dimulai dari pembuatan media budidaya hingga proses pengolahan jamur tiram menjadi makanan yang sehat dan bergizi bagi masyarakat khususnya anak usia dini. Tujuan utama dari kegiatan penyuluhan yang dilakukan mahasiswa KKN Kelompok 452 yaitu untuk mengajak para masyarakat khususnya para ibu -- ibu agar memberikan makanan bergizi, sehat dan bebas bahan pengawet dan kimia untuk anaknya.

Gambar 2. Praktek Kegiatan Budidaya Jamur Tiram yang dilakukan oleh masyarakat Desa Kalibendo/dokpri
Gambar 2. Praktek Kegiatan Budidaya Jamur Tiram yang dilakukan oleh masyarakat Desa Kalibendo/dokpri
          Alasan dipilihnya jamur tiram sebagai bahan utama yaitu karena salah satu dari mahasiswa KKN Kelompok 452 sudah melakukan usaha budidaya jamur tiram selama kurang lebih 5 tahun, serta pada saat survey di Desa Kalibendo bahan - bahan yang dibutuhkan untuk budidaya jamur tiram mudah untuk didapatkan.  

          Selain itu, Mahasiswa KKN Kelompok 452 ingin berperan dalam mengurangi angka stanting yang berada di Desa Kalibendo, sehingga kegiatan dilakukan sampai pada tahap pengolahan jamur tiram.  Pengolahan jamur tiram yang dilakukan Mahasiswa KKN Kelompok 452 yaitu naget yang bentuknya dimodifikasi sedemikian uniknya seperti es krim, tujuannya yaitu agar anak - anak mau mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Gambar 3. Kegiatan praktek pengolahan jamur tiram yang dilakukan oleh ibu - ibu/dokpri
Gambar 3. Kegiatan praktek pengolahan jamur tiram yang dilakukan oleh ibu - ibu/dokpri
          Menurut Bapak Roni selaku ahli Gizi yang berada di Desa Kalibendo mengatakan bahwa "kegiatan pengolahan jamur tiram menjadi bahan makanan untuk diberikan khususnya terhadap anak -- anak usia dini sangat berpotensi baik serta dari kandungan zat -- zat yang dimiliki oleh jamur tiram sangat baik untuk mengurangi angka stating bagi anak -- anak usia dini". Serta pada saat kegiatan dilakukan Mahasiswa KKN Kelompok 452 mengajak para ibu -- ibu untuk mencoba melakukan budidaya hingga pengolahan jamur tiram.

         Harapan yang ingin dicapai setelah dilaksanakan kegiatan penyuluhan oleh Mahasiswa KKN Kelompok 452 yaitu semoga dari masyarakat yang mengikuti kegiatan penyuluhan tertarik untuk melakukan kegitan budidaya jamur tiram, serta masyarakat setidaknya masyarakat dapat menciptakan ketahanan pangan mandiri melalui budidaya jamur tiram secara mandiri yang dilakukan di rumah masing -- masing, dan harapan dilakukannya pengolahan jamur tiram yaitu masyarakat semakin sadar akan pentingnya pemberian gizi yag baik dan sehat bagi pertumbuhan anak -- anak.         

Penulis : KKN UMD 2022 Kelompok 452 Desa Kalibendo

https://lp2m.unej.ac.id/category/kkn/

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan