Mohon tunggu...
KKN 409 DESA SUMBERKOLAK
KKN 409 DESA SUMBERKOLAK Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

KKN 409 UNIVERSITAS JEMBER DESA SUMBERKOLAK

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN UNEJ Bersama Anggota P2L Membuat Inovasi Produk Olahan Daun Singkong

19 Agustus 2022   00:21 Diperbarui: 19 Agustus 2022   06:02 80 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Bukan hanya umbinya, daun singkong ternyata juga dapat dimanfaatkan keberadaanya. Siapa sangka daun singkong yang biasanya diolah sebagai sayuran pendamping lauk, ternyata daun ini juga bisa diolah sebagai dendeng daun singkong atau sering disebut densing. Pembuatan dendeng daun singkong ini sudah diterapkan oleh ibu-ibu Asman Toga yang merupakan komunitas ibu-ibu di desa Sumberkolak, Kabupaten Situbondo. Awal mula inisiasi pembuatan densing ini karena sebagian besar masyarakat desa Sumberkolak memiliki pekarangan yang cukup luas dan dimanfaatkan untuk menanam tumbuhan yang bisa diolah sebagai pangan. Salah satu tanaman yang paling banyak ditanam oleh warga desa ialah tanaman singkong ini. Selain itu pada masa Covid 19 kemarin warga desa merasakan dampaknya terutama dari segi perekonomian yang menurun. Dengan adanya kondisi tersebut komunitas Asman Toga mengajak ibu-ibu yang ada di desa Sumberkolak untuk berkreasi membuat olahan dari daun singkong dan akhirnya munculah ide pembuatan dendeng daun singkong.

Pada kamis (11/8/2022) mahasiswa KKN Unej kelompok 409 bersekempatan untuk dapat melihat serta ikut membantu secara langsung bagaimana pembuatan densing oleh ibu-ibu komunitas Asman Toga. Pembuatan densing ini tidak terlalu rumit dikarenakan bahan dan alat yang digunakan mudah ditemukan dimana saja. Proses pembuatan densing dimulai dari perebusan daun singkong kemudian daunsingkong di iris tipis dan di campurkan dengan bumbu yang sudah disiapkan. Setelah tercampur, adonan di kukus kemudian diiris tipis dan digoreng kering.

densing-2-62fe686108a8b50bc1631ca3.jpg
densing-2-62fe686108a8b50bc1631ca3.jpg
Selain karena daun singkong mudah ditemukan, dari segi hargapun terbilang cukup murah dibandingkan dengan dendeng yang berbahan daging. Selain itu daun singkong memiliki kandungan nutrisi yang beragam dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa kandungan yang terdapat dalam daun singkong seperti protein yang dapat mebangun sel-sel dan membentuk enzim. Kemudian adanya kandungan asam amino yang dapat mengubah karbohidrat menjadi energi. Selain itu daun singkong ternyata juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi sehingga dapat dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Karena berbahan dasar dari sayuran, dendeng daun singkong dapat menjadi alternative bagi orang yang kurang suka mengkonsumsi sayuran seperti anak-anak. Dendeng daun singkong ini juga dapat menjadi alternative bagi orang yang vegetarian karena tetap dapat mengkonsumsi dendeng namun berbahan dasar sayuran.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan