Mohon tunggu...
KKN UMASRIKATON
KKN UMASRIKATON Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Malang, Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Ajak Warga Gemar Makan Ikan, Mahasiswa KKN UM Desa Asrikaton Mengolah Ikan Lele Menjadi Produk Layak Jual

20 Juli 2021   21:24 Diperbarui: 20 Juli 2021   21:30 54 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ajak Warga Gemar Makan Ikan, Mahasiswa KKN UM Desa Asrikaton Mengolah Ikan Lele Menjadi Produk Layak Jual
Gambar 1. Produk Olahan Lele (Dokpri)

Minggu (18/07) Mahasiswa KKN UM Asrikaton 2021 melaksanakan sosialisasi terkait pengolahan ikan lele menjadi nugget lele dan abon lele. Sosialisasi ini ditujukan kepada ibu-ibu warga Dusun Krajan untuk memberikan referensi cara mengolah ikan lele menjadi produk inovatif yang layak jual. Sosialisasi dilakukan setelah pelaksanaan senam pagi (program kerja Asrikaton Healthy).

Ikan merupakan salah satu sumber nutrisi bagi tubuh kita. Kandungan nutrisi dalam ikan antara lain protein, omega, dan natrium. Dalam 100gram ikan lele segar mengandung nutrisi antara lain 18gram protein, 50gram natrium, 237 miligram asam lemak omega-3, 337 miligram asam lemak omega-6 (Sumber : www.alodokter.com)

Kegiatan pengolahan produk ikan lele merupakan tindaklanjut dari program kerja KKN UM Asrikaton sebelumnya yaitu Aquaponik yang membudidayakan ikan lele dan kangkung dalam satu media. Kemudian, mahasiswa KKN UM Asrikaton mengembangkan dua produk olahan ikan lele yang bertujuan mengajak masyarakat, khususnya warga Dusun Krajan untuk gemar makan ikan melalui sosialisasi dan referensi produk. Selain itu, mahasiswa KKN UM Asrikaton juga berharap produk ini dapat menjadi ide bisnis bagi ibu-ibu warga Dusun Krajan.

Gambar 2. Kegiatan sosialisasi produk (Dokpri)
Gambar 2. Kegiatan sosialisasi produk (Dokpri)
Kegiatan sosialisasi mendapatkan respon positif dari masyarakat. Tidak hanya memberikan penjelasan tentang produk dan pentingnya mengonsumsi ikan, mahasiswa KKN UM Asrikaton 2021 juga memberikan sampel produk yang dapat dicicipi oleh warga yang menghadiri sosialisasi tersebut. "Produknya enak. Saya yang tidak suka lele jadi mau makan lele", ujar salah satu ibu peserta senam pagi. Hal ini menunjukkan bahwa adanya produk olahan dapat mendorong peningkatan konsumsi ikan bagi warga.

Gambar 3. Pembagian brosur resep olahan lele (Dokpri)
Gambar 3. Pembagian brosur resep olahan lele (Dokpri)

Mahasiswa KKN UM Asrikaton juga memberikan brosur resep olahan lele untuk mempermudah ibu-ibu jika ingin membuat produk olahan yang sama sebagai makanan di rumah maupun untuk dijual. Selain sosialisasi secara langsung dan pembagian brosur, Mahasiswa KKN UM Asrikaton juga membuat video tutorial mengolah ikan lele menjadi nugget lele dan abon lele. Video tersebut diunggah di channel Youtube KKN Asrikaton UM 2021  yang juga dapat discan melalui QR Code yang tertera pada brosur yang telah dibagikan.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x