Mohon tunggu...
Muhammad Dandy Firmansyah
Muhammad Dandy Firmansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Jember

Menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Kolaborasi Jember Kelompok 222: Sosialisasi Bahaya Gadget di SDN Sukowiryo 1

15 Agustus 2022   16:07 Diperbarui: 15 Agustus 2022   16:06 61 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar 1: Foto bersama Kepala Sekolah SDN Sukowiryo 1

Jember-Kelompok KKN 222 dibantu oleh Babinkamtibnas Sukowiryo melaksanakan kegiatan sosialisasi di SDN 1 Sukowiryo. Kegiatan berupa sosialisasi "Bahaya Gadget Bagi Anak-anak", yang dilaksanakan pada hari Sabtu (13/08/22).

Gambar 2: Soalisasi Bahaya Gadget
Gambar 2: Soalisasi Bahaya Gadget


“Kami merasa program kerja sosialisasi bahaya gadget pada anak, sangat penting untuk dilakukan, mengingat bahwa penggunaan gadget oleh anak sudah mulai tidak terkontrol lagi terutama bagi anak sekolah di SD Sukowiryo 01 ." ujar Pak Akbar anggota Babinkamtibnas.


Gambar 3: Soalisasi Bahaya Gadget
Gambar 3: Soalisasi Bahaya Gadget


Penggunaan gadget yang berlebihan pada anak-anak akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental serta interaksi sosial. Rata-rata siswa di SDN 1 Sukowiryo menggunakan handphone mereka untuk bermain game atau berkomunikasi dengan sesama teman. Banyaknya siswa yang bermain gadget tanpa mengenal waktu menjadi salah satu alasan dilaksanakannya sosialisasi ini.


Gambar 4: Pemberian hadiah
Gambar 4: Pemberian hadiah


Kegiatan dilakukan dengan pemberian materi kepada siswa dalam ruang kelas. Antusiasme siswa terlihat sejak awal pembukaan. Sorak yel-yel menambah semangat kegiatan. Pemberian materi diakhiri dengan tanya jawab kepada siswa.


Gambar 5: Foto bersama
Gambar 5: Foto bersama


Gadget tidak selamanya memberikan dampak buruk jika penggunaannya dibatasi dan diselingi kegiatan lain. Kegiatan berlangsung dengan lancar meski sempat terdapat kendala. Sosialisasi ini diharapkan dapat mengurangi penggunaan gadget dan membawa dampak lebih positif pada anak nantinya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan