Mohon tunggu...
David Abdullah
David Abdullah Mohon Tunggu... Lainnya - Pegiat rebahan

Rebahanlah, sebelum rebahan dilarang.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

The Cyborgoal, Kala Mesin Diprogram untuk Mencetak Gol

2 Maret 2021   13:44 Diperbarui: 2 Maret 2021   21:58 491 68 19 Mohon Tunggu...
Lihat foto
The Cyborgoal, Kala Mesin Diprogram untuk Mencetak Gol
Erling Haaland (behance.net/Jemma McQ)

Ia seolah telah diprogram menjadi cyborg yang piawai mencetak gol. Haaland begitu mematikan di area pertahanan lawan. Dengan postur yang raksasa, pemain berusia 20 tahun itu makin sulit dihentikan!

Pada tahun 1960 silam, Manfred Clynes dan Nathan S. Kline menciptakan sebuah konsep cybernetic organism (cyborg) atau sosok organisme yang sebagian anggota tubuhnya berupa biomekatronik (mesin).

Para ilmuwan meramalkan bahwa dalam kurun 200 tahun ke depan, manusia akan meningkatkan diri menjadi cyborg lewat rekayasa genetik atau perkawinan silang antara makhluk organik dengan mesin.

Hasil persilangan yang berwujud sosok cyborg itu disebut-sebut akan menjadi evolusi terbesar di bidang biologi sejak munculnya kehidupan di bumi 4 miliar tahun yang lalu.

Tampaknya, ramalan itu telah terwujud lebih cepat dari perkiraan. Meski bukan terlahir di laboratorium percobaan yang super canggih, performa fisik dan teknis makhluk ini mampu menyamai cyborg. Sosok setengah organik setengah mesin yang biasanya hanya ditemukan di film sci-fi, saat ini bisa kita amati setiap hari.

Ia dilahirkan dengan nama Erling Braut Haaland, yang "menumpang" di dalam rahim sosok ibu yang juga ditakdirkan sebagai seorang atlet, Gry Marita Braut. Sementara kemampuannya dalam olah bola ia peroleh dari materi genetik sang ayah, Alf-Inge Haaland.

Rekor lompat jauh Haaland yang dipecahkannya pada 22 Januari 2006 silam. | Twitter @AndreOstgaard
Rekor lompat jauh Haaland yang dipecahkannya pada 22 Januari 2006 silam. | Twitter @AndreOstgaard
Dalam usia lima tahun, Haaland sudah mampu memecahkan rekor lompat jauh dunia dengan catatan 1,63 meter. Tidak begitu mengherankan, karena memang dia mewarisi bakat atletik dari sang ibu.

Karena posturnya bak raksasa, publik di Norwegia bahkan menjulukinya dengan Norse, sosok troll dalam mitologi Nordic. Wajar saja, karena Haaland mempunyai postur badan setinggi 194 cm dan berat 87 kg. Sejumlah awak media juga turut mengibaratkan Haaland seperti Arnold Schwarzenegger yang berperan sebagai Cyberdyne dalam film Terminator.

Cyborgoal, menurut eks pelatih Haaland, Erase Steenslid, menjadi predikat yang pas untuknya. Pasalnya, Haaland mampu berkembang dalam waktu yang singkat dengan porsi latihan yang sangat "gila". 

Steenslid pernah membuat trek lari yang mana di satu titik Haaland diharuskan untuk memukul karung pasir. Suatu saat karung tersebut sukses ia bikin terbelah, saking kuatnya pukulan yang dilepaskan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x