Mohon tunggu...
Ki Sugito Nuswantoro
Ki Sugito Nuswantoro Mohon Tunggu... Seniman - Happy itu Simple

i am, pengayuh sepeda

Selanjutnya

Tutup

Financial

MC Lagi (Baca: Margin Call )

21 Juni 2019   17:26 Diperbarui: 21 Juni 2019   17:32 26
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

MC lagi ya....

Entah MC yang aku alami adalah sudah yang keberapa kali dalam tradingku. Tapi saya menulis di facebook bahwa MC saya yang kemarin pada hari Rabu adalah MC yang ke-3000 kali. Nah jadi bisa dibayangkan berapa kerugian yang saya alami dari MC tersebut. Anggap saja setiap kali saya MC dana yang saya depositkan adalah 30 usd maka total uang yang sudah saya MC kan adalah 9000 usd hmmm bukan angka yang kecil dengan nilai kurs dollar yang sekarang adalah Rp. 14.000,-. Maka jumlah rupiahnya menjadi Rp. 14.000 x 9000 usd = Rp. 126.000.000,-  ( seratus dua puluh enam juta rupiah ).

Jumlah angka tersebut diatas sebetulnya adalah jumlah yang saya anggap paling minim, karena sesungguhnya nilai uang yang setiap kali saya depositkan bukan 30 usd. Hmmm, stress, penyakit asam lambungku kembali kambuh lagi. Bagaimana tidak stress kalau semua uang habis buat trading dan di dompet tidak tertinggal serupiahpun hmmmm.

Pusing gaes....misalnya MC yang barusan sebesar Rp. 5 juta. Deposit sebesar Rp. 5 juta rupiah padahal sebelumnya uang tersebut andaikan di kirim buat kebutuhan anak dan istri tentunya akan riang gembira mendapat kiriman uang sebesar itu. Karena saya belum pernah kirim ke istri uang sebesar itu. Tapi apa yang terjadi, uang tersebut tersapu oleh setan MC. Ya saya katakan setan karena kehadiranya yang tidak saya inginkan itu berulang-ulang melibas account saya.

Bayangkan kehadiran dia sampai sebanyak 3000 kali apa tidak menjadikan momok menakutkan tentunya. Coba saja anda bayangkan jika anda mengalami mimpi buruk yang sama selama tiga ribu hari. Apa yang akan terjadi pada psikologis anda ? Hmmm saya sudah bisa menebak bahwa orang yang mengalami mimpi buruk yang sama berulang-ulang sampai sebanyak tiga ribu kali, maka orang tersebut bisa saya tebak akan mengalami gangguan kejiwaan.

Nah itulah kondisi yang saya alami sekarang. Ketika saya belum bisa kirim uang buat istri dan anak. Ketika dompet saya kosong tidak ada uang untuk makan. Ketika saya belum bisa membayar kost. Ketika saya belum bisa mengambil hp yang saya gadaikan dan masih banyak tanggung jawab lagi yang belum saya lakukan. Tapi account trading yang saya gadang-gadang yang kelak untuk bisa menjawab semua kebutuhan keuangan dalam sekejap pada jam sembilan hanyut di sambar margin call. Hmmmm alangkah menderitanya aku.

Kenapa MC terjadi ?

Strategi kokoh yang saya buat untuk terbebas dari MC lagi lagi dan lagi saya langgar. Saya sudah mengerti bahwa rumus untuk tidak MC ada pada daya tahan equity. Artinya open saya jika patuh pada rumus yang sudah saya bikin tersebut akan membuat account saya terhindar dari MC. Tapi lagi dan lagi-lagi kembali berulang kali sampai beribu-ribu kali saya melanggarnya kembali. Misalnya dengan modal 375 usd maka rumus sakti yang sudah saya bikin agar tidak terbebas dari MC adalah sebagai berikut. Modal : 735 = ? /7. Jadi ketemu lot nya adalah sebagai berikut. 375 : 735 = 0.5/7 = 0.07.

Nah seharusnya dengan modal saya sebesar Rp. 375 maka lot yang saya pakai untuk open posisi adalah 0.07 atau jika dirupiahkan menjadi Rp. 70. Nah jika masih floating berulang-ulang maka saya masih bisa menambah posisi sebanyak 7 kali dengan princian sebagai berikut. Open pertama sampai ketiga 0.07 jadi total lotnya adalah 0.21 atau dalam rupiah Rp. 210.

Nah jika pasar masih kuat maka floating kita akan ketarik membesar misalnya 50 pips. Maka floatingnya masih 10 usd. Nah ketahan equity kita masih sangat kuat sekali menahan floating yang melanda account kita. Bahkan kita masih bisa melakukan open posisi lagi sebanyak empat kali. Nah dengan sistem compunding maka open yang kita lakukan tentunya lotnya akan kita tambah misalnya menjadi 0.13 atau sebanyak Rp. 130 rupiah. Lot 0.sebanyak empat kali open posisi maka total nya menjadi 0.52 atau Rp. 520.

Nah jika angka 520 + 210 maka totalnya Rp. 730. Andaikan pasar masih extrem maka kita akan terseret sebanyak andaikan 300 pips maka floating yang melanda account kita adalah Rp. 2.190.000,-. atau jika di kurskan ke dollar menjadi 140 usd. Maka sudah tentu account kita masih bisa menahan floating extrem yang terjadi. Nah karena jika sudah terjadi nilai minus yang sedemikian besar maka pasar biasanya jenuh. Sesuai dengan hukum pasar, bahwa jika terjadi Seler yang besar-besaran, maka sudah pasti akan terjadi pembalikan arah yang besar pula. Itulah y ang terjadi.
 
Nah kuncinya adalah supaya account sayaterbebas dari MC seharusnya saya mempratekkan jurus yang sudah saya bikin. Tapi ternyata oh ternyata praktek tangan yang saya lakukan adalah sebaliknya. Saya tidak mempraktekkanya artinya berapa ribu saya melakukan depositpun jika saya masih demikian adanya dalam bertindak tanduk yang tercela maka account saya tetap akan dihampiri oleh yang namanya MC. Setan menakutkan yang akan selalu setia mendatangi anda karena itulah tugas dari setan tersebut. Setia mencabut account yang patuh dalam pengaturan keuangannya.

                                                                                                                                                                                                                                               Salam profit dari saya

                                                                                                                                                                                                                                                      Ki Dalang Trading

Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun