Mohon tunggu...
Wahyu Barata
Wahyu Barata Mohon Tunggu... Penulis - Marketing Perbankan

Wahyu Barata.Lahir di Garut 21 Oktober 1973. Menulis puisi, cerita pendek,dan artikel. Tulisan-tulisannya pernah dimuat di Sari Kata, majalah Aksara , Media Bersama, Kompas, Harian On Line Kabar Indonesia, beberapa antologi bersama, dan lain-lain.Kini bekerja sebagai marketing perbankan tinggal di Bandung.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Cepat dan Tepat Mengambil Keputusan

27 Juni 2021   07:58 Diperbarui: 27 Juni 2021   08:00 61 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cepat dan Tepat Mengambil Keputusan
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Keputusan apapun dari seseorang mempunyai makna penting baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain. Kita sering menyaksikan setiap keputusan pemimpin sangat ditunggu-tunggu semua kalangan dengan perhatian dan kepentingan masing-masing.

Besar atau kecilnya kelompok yang dipimpinnya, keputusan pemimpin sangat berarti, serius, berpengaruh besar dan luas. Kondisi ini mengisyaratkan bahwa mengambil keputusan harus hati-hati, tegas, dan diputuskan dengan berani dalam keadaan sadar.

Terdapat dua hal yang dibedakan menurut prosesnya, yaitu problem solving (memecahkan masalah) dan decision making (membuat keputusan), yang saling berkaitan.

Pemecahan masalah merupakan serangkaian  aktivitas manusia dalam menjalani kehidupannya, yang meliputi berbagai aspek, baik menyangkut hubungan antar pribadi, pekerjaan, maupun kehidupan sosial secara lebih luas.

Tujuan semua aktivitas untuk mencapai peningkatan kualitas manusia yang berkesinambungan. Manusia harus selalu kreatif dalam memecahkan masalah yang ditemui dalam kehidupan sehari-hati.

Ada empat hal penting yang sebaiknya dimiliki seseorang agar mampu melalui proses pemecahan masalah dengan baik :

1). Memahami masalah yang sesungguhnya.

2). Menguasai strategi pemecahan masalah yang jitu.

3). Mempunyai ketrampilan dan kemampuan yang teruji.

4). Mengenali rintangan demi rintangan yang harus dihadapi.

Garis besar pendekatan kreatif dalam problem solving terdiri dari :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN