Mohon tunggu...
Wahyu Barata
Wahyu Barata Mohon Tunggu... Marketing Perbankan

Wahyu Barata.Lahir di Garut 21 Oktober 1973. Menulis puisi, cerita pendek,dan artikel. Tulisan-tulisannya pernah dimuat di Sari Kata, majalah Aksara , Media Bersama, Kompas, Harian On Line Kabar Indonesia, beberapa antologi bersama, dan lain-lain.Kini bekerja di BNI Syariah Bandung dan tinggal di Bandung.

Selanjutnya

Tutup

Fesyen Pilihan

Batik Etnik Cantik

10 Oktober 2020   01:41 Diperbarui: 10 Oktober 2020   01:56 26 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Batik Etnik Cantik
Foto Dokumentasi Pribadi

Batik selalu digemari di masyarakat. Corak dan cara tradisional pembuatannya membuat batik istimewa. Nuansa etnik eksotik membuat batik lebih mempunyai daya tarik tersendiri. Seiring dengan kemajuan teknologi batik pun semakin beragam corak, warna maupun bahan yang digunakannya. 

Pakem batik tidak lagi diterapkan secara kaku sehingga bermunculan batik dengan desain-desain kontemporer. Namun ciri-ciri dan nilai-nilai tradisionalnya tidak hilang sama sekali.Dengan adanya desain-desain baru menambah kekayaan khazanah batik Indonesia.

Foto Dokumentasi Pribadi
Foto Dokumentasi Pribadi
Begitu juga paduan batik semakin beragam.Misalnya ada yang tidak hanya mengenakan kebaya dengan potongan tradisional. Blouse berbagai potongan  bisa diselaraskan dengan batik. Bisa juga memadukan batik dengan kebaya bordir berbagai potongan termasuk yang tanpa lengan.

Material serat dan benang sutra alam yang ditenun secara tradisional merupakan pilihan dalam proses pembuatan batik maupun bordirnya.

Kebaya bordir bermotif kerancang juga merupakan hasil karya kerajinan tangan berkualitas tinggi untuk para wanita yang ingin tampil elegan dan modis dengan busana tradisional.

Foto Dokumentasi Pribadi
Foto Dokumentasi Pribadi
Batik tulis maupun cap yang hanya menggunakan motif isen yang bernuansa modern cozek (doted),sawut (stridtions), ukel cantle (hook curls), balka topa (square pathes), dan lain-lain, banyak diminati kaum pria untuk dijadikan kemeja atau sarung yang dipadukan dengan baju koko. 

VIDEO PILIHAN