Mohon tunggu...
khumaediimam
khumaediimam Mohon Tunggu... Teruslah menebar kebaikan, karena kebaikan yang mana yang diridhai, tiada kita tahu

Menulis Atau Mati.....

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Hidupilah NU Bukan Cari Hidup di NU

23 Oktober 2020   00:52 Diperbarui: 23 Oktober 2020   00:59 17 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hidupilah NU Bukan Cari Hidup di NU
KH. Zaeruqi sedang memberikan tausiyah. Dokpri

"Menjadi pengurus Nahdhotul Ulama itu diniati "lilhidmah", yakni melayani NU bukan "lilkasab" mencari hidup, mencari sesuatu, pangkat atau jabatan di NU!" tegas KH. Zaeruqi Al Hafidz pada acara pelantikan pengurus ranting NU Kelurahan Pasarbatang di masjid Al-Ikhsan, Kamis (22/10). 

Beliau juga mengutip satu maqolah dari sahabat Ali bin Abi Thalib, mengenai 4 perkara agar dunia ini tetap tegak. Begitu juga organisasi Nahdhotul Ulama. Pertama, yakni sifat kedermawanan orang kaya. Ia menyinggung bahwa sudah sepatutnya warga Nahdhiyyin yang kaya untuk berbagi menyumbangkan hartanya. 

Segenap pengurus ranting NU Kelurahan Pasarbatang. Dokpri
Segenap pengurus ranting NU Kelurahan Pasarbatang. Dokpri
Kedua, Ilmunya para Ulama. KH. Zaeruqi berharap agar generasi NU, khususnya para pengurus NU adalah orang-orang yang berilmu. "Jangan sampai pengurus NU tidak tahu dasar ilmu fiqih, ilmu sholat, apalagi bacaan fatihahnya", pekiknya. 

Di akhir zaman ini, banyak yang orang keliru. Banyak santri yang tak berguru, alias gurunya hanya pada google. Padahal dahulu, tidak ada pembelajaran tanpa seorang guru. Santri harus berhadapan langsung menerima pelajaran dari sang guru. "Bahkan santri dahulu itu begitu takdzim dan berakhlak. Sampai-sampai untuk memegang meja sang Kyai saja, tidak berani" ungkap KH. Zaeruqi.

Adapun yang ketiga kata KH. Zaeruqi yaitu sabarnya orang faqir. Orang NU harus senantiasa bersabar, meski dicoba dengan berbagai cobaan, seperti pandemi Covid 19 seperti sekarang ini. 

Dan pesan keempat, yakni Pemimpin yang Adil. Beliau berharap kepada para pemimpin atau ketua pengurus struktural NU dan Banomnya agar senantiasa bersabar dalam berkhidmah. Seorang pemimpin juga harus bisa memaafkan kesalahan anak buahnya, mana kala ada yang bersalah, apalagi karena ketidaktahuannya. 

KH. Zaeruqi menjadi pembicara pada acara pelantikan pengurus ranting NU Kelurahan Pasarbatang masa Khidmah 2020-2024, sekaligus peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2020. Tak hanya pelantikan pengurus ranting NU saja, pada kesempatan yang sama dilaksanakan pula pelantikan pengurus IPNU-IPPNU kelurahan Pasarbatang. 

H. Muhajir sedang memberikan motivasi kepada pengurus baru. Dokpri
H. Muhajir sedang memberikan motivasi kepada pengurus baru. Dokpri
H Muhajir selaku ketua tanfidziyah Majlis Wakil Cabang (MWC) NU Kecamatan Brebes mengucapkan selamat kepada Ustadz Syamsaidi, M. Pd beserta jajarannya yang telah dilantik untuk menakhodai NU di Pasarbatang. Ia berpesan agar segenap jajaran kepengurusan yang telah dilantik, untuk segera menyusun dan melaksanakan program kerja. "Program kerja itu yang rasional, terukur dan realistis. Serta harus kontinou. Saya yakin Ranting NU Kelurahan Pasarbatang akan terus semangat berkhidmah menjalankan amanat ini", harapnya. 

Imam Chumedi, KBC-28 

VIDEO PILIHAN