Mohon tunggu...
khoyrul hadi
khoyrul hadi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa INSUD PPSD

tidak ada kata terlambat selama kita masih hidup

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Media Sosial Vs Pandemi

20 Juni 2021   21:18 Diperbarui: 20 Juni 2021   21:34 132
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Halo. Ini adalah bagian dari situs web di mana ini adalah pengalaman pertama saya melangkah ke sosmed(tepatnya sebagai member kompasiana) dan saya ingin menunjukkan  pada Anda dengan harapan dapat menahan perhatian Anda selama lebih dari 60 detik

Mmmm tapi kali ini saya tidak akan membahas tentang covid-19 akan tetapi lebih ke-media sosial dan pengaruhnya pada peradaban saat ini.

Saat umur saya masih 10 tahun saya sama sekali belum mengenal apa itu dunia maya dalam kehidupan saya terdapat permainan serta tangis dan tawa di dalamnya,3 tahun berlalu semua baik-baik saja sampai pada akhirnya sosmed menyerang lewat hp blackberry teman saya yang saat itu tepatnya setelah ayahnya pulang merantau....

Dan tunggu, sebenarnya masih ada lagi. Jika Anda ingin melihat beberapa karya saya yang telah saya buat, jika Anda ingin mendapatkan artikel dan tanggapan khusus dari saya, dan jika Anda tertarik untuk mendengar saya menjawab pertanyaan pembaca seperti saya Anne sialan Landers dan berbicara lebih banyak tentang pengalaman saya sendiri, postingan facebook saya, dan apa yang saya kerjakan setelah sholat maghrib pada malam jumat. ya, sebenarnya masih ada lagi. Lebih banyak lagi.

Jadilah pengkritik yang baik di artikel ini dan dapatkan semua hal ekstra keren itu.  selamat datang

Media Sosial Membahayakan Kesehatan Mental

Memang benar bahwa selama dua dekade terakhir, kita telah melihat peningkatan yang mengkhawatirkan dalam tingkat bunuh diri, depresi, dan kecemasan , terutama pada orang muda. Tetapi tidak jelas bahwa media sosial adalah penyebabnya.

Banyak penelitian menakutkan tentang penggunaan media sosial adalah penelitian korelasional. Itu berarti peneliti hanya melihat berapa banyak waktu yang dihabiskan orang di media sosial, lalu mereka melihat apakah orang-orang itu cemas dan/atau depresi. Mereka kemudian melihat apakah orang yang sama yang menggulir Facebook sepanjang hari adalah orang-orang yang cemas dan depresi. Sebagian besar hasil telah menemukan bahwa mereka.

Misalnya, sebuah studi 2018 menemukan korelasi antara waktu layar media sosial dan peningkatan gejala depresi dan upaya bunuh diri. 2 Ini hanyalah salah satu dari banyak studi korelasional yang menemukan hasil yang sama: banyak penggunaan media sosial = banyak remaja yang depresi.

Kedengarannya sangat buruk, bukan?

Masalah dengan studi seperti ini adalah situasi ayam-dan-telur. Apakah media sosial menyebabkan anak-anak merasa lebih tertekan? Atau apakah anak-anak yang benar-benar depresi lebih cenderung menggunakan media sosial?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun