Mohon tunggu...
Kholidah Tamami
Kholidah Tamami Mohon Tunggu... -

Just human with humanism

Selanjutnya

Tutup

Politik

HILANGNYA NYALI AMERIKA SERIKAT DALAM MENYERANG SURIAH (11/12/2013)

14 Maret 2015   15:19 Diperbarui: 17 Juni 2015   09:40 100
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

A.Pendahuluan

Banyaknya desakan dari sekutu Amerika Serikat yang mengisyaratkan agar Amerika Serikat menyerang Suriah sebetulnya sudah kuat mengingat adanya dugaan penggunaan senjata kimia oleh pemerintah negara bergolak tersebut.

B. Pembahasan

Amerika Serikat sepertinya kehilangan nyali untuk menyerang Suriah. Alasan pembatalan untuk menyerang Suriah terjadi setelah Amerika Serikat melakukan pembicaraan dengan Turki, Yordania dan mitra lain mengenai rencana darurat dalam persiapan pembalasan terhadap Suriah. Mulanya Amerika Serikat bersikukuh akan melakukan serangan dengan tujuan untuk menghalangi pemerintah Presiden Bashar Assad agar tidak menggunakan senjata kimia lagi. Pembatalan penyerangan Amerika Serikat terhadap Suriah tersebut dibenarkan olehWakil Menteri Luar Negeri untuk Urusan Arab dan Afrika Iran, Hossein Amir Abdollahian yang mengatakan bahwa Amerika Serikat kehilangan dalih apapun untuk melancarkan aksi militer terhadap Suriah. Amir Abdollahian mengatakan kepada wartawan bahwa situasi baru berlaku setelah pemimpin Suriah menandatangani Konvensi Pelarangan Senjata Kimia, sehingga dalih telah diambil dari Amerika Serikat dan negara-negara tertentu untuk menyerang Suriah. Keputusan berada ditangan pengadilan Amerika Serikat sementara Suriah harus mencegah masuknya kelompok teroris serta Takfiri bersenjata ke dalam Suriah.

C. Penutup

Jika Amerika Serikat menyerang Suriah, maka dampak dari serangan tersebut disamping melanggar hukum internasional karena menyerang kedaulatan Suriah, akan ada kemungkinan tindakan balasan Suriah atau sekutunya terhadap Amerika Serikat.

http://www.republika.co.id/berita/internasional/timur-tengah/13/08/28/ms92ze-as-tak-berani-serang-suriah-sendirian (diakses pada 17 Desember 2013 pukul 19.48)

http://www.antaranews.com/berita/395713/iran-amerika-kehilangan-alasan-menyerang-suriah (diakse pada 17 Desember 2013 pukul 19.59 WIB)

http://www.merdeka.com/teknologi/hacker-suriah-jika-as-menyerang-akan-kami-hancurkan-semuanya.html (diakses pada 17 Desember 2013 pukul 20.03 WIB)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun