Mohon tunggu...
Khoirunnisa
Khoirunnisa Mohon Tunggu... Penulis Ulung

Mahasiswi Universitas Jambi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Bahasa Inggris

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

4 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Saat Kenalan dengan "Bule"

3 Desember 2019   15:10 Diperbarui: 5 Desember 2019   21:04 898 9 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
4 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Saat Kenalan dengan "Bule"
unsplash.com

Istilah "bule" atau orang asing bukanlah sesuatu yang asing tentunya didengar di Indonesia. Kayaknya cuma di sini kita manggilnya bule. Di negara lain sih biasanya diistilahkan stanger (orang asing).

Bukan rahasia umum bagi orang Indonesia yang sangat antusias jika melihat bule bak artis papan atas. Pastinya akan langsung mendatanginya dan meminta foto. 

Tapi sadarkah bahwa hal yang biasa di lakukan orang negara berflower ini dianggap mengganggu dan gak sopan loh bagi mereka. Jadi apa saja sih hal yang gak boleh kita lakukan saat bertemu bule:

1. Tidak melihat situasi

Biasanya saat ada bule yang datang kita bakalan langsung nyamperin dan berkenalan sama mereka. Tapi sebenernya mereka adalah tipikal orang yang gak suka berinteraksi dengan orang asing yang gak berkepentingan loh. Jadi sebelum kalian ngajak kenalan, liat dulu mereka sedang melakukan aktivitas apa. 

Saat mereka lagi baca buku atau melakukan sesuatu mending ditahan dulu deh, karena biasanya mereka lagi gak ingin diganggu. Lain kalo mereka lagi santai atau duduk saja, kalian bisa samperin dan komunikasi sama mereka. 

Sebenernya kembali lagi ke individu itu sendiri, ada yang ramah dan ada juga yang gak mau interaksi. Soalnya mereka biasanya sedang liburan dan paling gak suka kalo diganggu.

2. Asal panggil

Di Indonesia kita biasa memanggil orang yang dikenal menggunakan sapaan Mbak, Mas, Bang, dan sebagainya. Nah, kalo ketemu bule biasanya kita langsung panggil pakek Mister atau Miss. Mister atau Sir biasanya untuk panggilan orang yang punya pangkat atau yang sudah menikah. 

Di Inggris sendiri sih menggunakan sapaan itu diangap sopan bagi cowok atau pun cewek. Kesalahan yang sering dilakukan biasanya saat manggil Miss atau Mam, sapaan Miss untuk orang yang belum menikah dan Mam atau Madam untuk orang yang sudah menikah. Di luar negeri sendiri mereka gak pakek sapaan seperti di Indonesia, jadi hati-hati ya saat memanggil mereka.

3. Tanya privasi

Buat kita saat kenalan nanyain umur, status atau pekerjaan dianggap gak sopan sama mereka. Mereka bakalan berpikir, "Elu siapa gue?" atau dianggap kepo sama kehidupan orang lain. Orang barat sangat menjaga privasi dan gak suka ada orang yang bisa di bilang SKSD (sok kenal sok dekat), itu bisa diaggap ancaman bagi mereka.

Jadi, saat memulai topik pembicaraan jangan langsung tanya-tanya kehidupan mereka ya gengs. Mulailah dengan topik yang umum, bisa tanya asal negara atau bahas cuaca saat itu. Intinya cari topik yang umum dan ringan aja.

4. Langsung minta foto

Entah mengapa saat ketemu bule, orang Indonesia instingnya minta foto terus diupload di somed. Kadang berpikir, buat apa coba? Pamerkah? Secara mereka bukan aktris, tapi ada kebanggaan tersendiri buat kita-kita yang ngelakuinnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x