Mohon tunggu...
Khoirun Nisa
Khoirun Nisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S-1 Psikologi Universitas Diponegoro

Halo, My name is Khoirun Nisa. You can call me Nisa :) More info about me @nisa.nsaaa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

PPKM Kembali Diperpanjang! Tanamkan Self Discipline di Era Pandemi

4 Agustus 2021   19:55 Diperbarui: 4 Agustus 2021   22:18 39 1 0 Mohon Tunggu...

Kendaldoyong(24/7/2021) Pandemi yang diakibatkan adanya corona virus disease 2019 atau yang lebih dikenal dengan virus covid-19 ini masih belum usai. Kesadaran serta kedisiplinan diri terhadap protokol kesehatan dari setiap individu merupakan hal yang amat penting dalam menjaga keselamatan diri serta orang-orang terdekat dari penyebaran virus ini. 

Upaya untuk mencegah atau memutus rantai penyebaran covid-19 ini adalah dengan menggalakkan protokol kesehatan kepada masyarakat, dimana peraturan ini dibuat pemerintah untuk meminimalisir penyebaran virus yang lebih meluas maupun mengembalikan keadaan normal seperti sedia kala.

Meskipun sudah dihimbau untuk memtauhi protokol kesehatan seperti demikian, namun tidak jarang masyarakat mengabaikannya. Banyak masyarakat merasa bahwa memang keadaan sudah normal seperti sebelumnya ketika pandemi belum terjadi. Sehingga terlihat tidak sedikit masyarakat yang keluar rumah dengan tidak mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, seperti halnya tidak memakai masker ketika melakukan aktivitas diluar rumah maupun tidak menjaga jarak antar satu individu dengan individu lainnya sehingga cenderung (berkerumun).

Maka dari latar belakang itulah, akhirnya Mahasiswa KKN Undip di Demak melakukan program “Menumbuhkan self discipline pada masyarakat di masa pandemi : Edukasi pencegahan covid-19 dengan poster”. Dimana tujuan dari program ini adalah untuk menumbuhkan kedisiplinan diri pada masyarakat dan sekaligus mengencarkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk meminimalisir penyebaran covid-19. Dengan kedisiplinan diri maka individu dapat melindungi dirinya maupun orang terdekat dari virus ini.

Program ini dilakukan kepada beberapa warga setempat, dengan sistem door to door yang diterapkan tentunya dapat meminimalisir adanya kerumunan yang dapat diciptakan dari adanya proses sosialisasi. Dengan berbekal poster yang telah disiapkan, program inipun dilakukan selama 2 hari, yakni pada tanggal 24-25 Juli 2021.

Alhamdulillah respon dari masyarakat yang diterima oleh penyelenggara cenderung positif. Dengan adanya program ini maka lebih menyadarkan warga terkait pentingnya menjaga kesehatan diri, keluarga, serta orang disekitar agar terhindar dari virus ini. Dengan demikian maka Nisa selaku penyelenggara berharap setelah program ini warga tetap menjaga dan mematuhi protokol kegiatan yang ada. Dimana itulah merupakan hal dalam menumbuhkan atau menanamkan kedisplinan pada diri sendiri. 

Para warga atau masyarakat juga tentunya berharap pandemi ini segera berakhir dan bisa hidup normal kembali seperti sedia kala, maka hal yang dapat kita lakukan untuk membantu mengembalikan keadaan seperti semula adalah dengan tidak menghiraukan protokol-protokol kesehatan yang ada. Nah salah satunya dengan adanya program ini diharapkan dapat menambah wawasan masyarakat mengenai kedisiplinan diri untuk dapat menjaga diri dan lingkungan sekitar dari penyebaran virus covid-19.

Penulis : Khoirun Nisa

DPL     : Ir. Ibnu Pratikto, M.Si

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN