Mohon tunggu...
KHOIRUL SYAHRI SINAGA
KHOIRUL SYAHRI SINAGA Mohon Tunggu... Editor - Mahasiswa

hallo selamat datang, terimakasih telah berkunjung ke profil kami

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pendampingan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Pelatihan Digital Marketing guna Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Desa Sukorejo, Pasuruan

29 September 2022   18:07 Diperbarui: 29 September 2022   18:13 91 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Oleh : Mahasiswa PMM UMM Kelompok 60 gel 7

Desa Sukorejo merupakan desa yang terletak di Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan ,Provinsi Jawa Timur. Desa Sukorejo berada di kawasan industri sehingga padat penduduk. Rumah yang ada di Desa Sukorejo sangat rapat satu dengan yang lainnya jadi hampir tidak ada tanah yang kosong yang tersisa Di Desa Sukorejo. Akibat dari kepadatan penduduk tersebut yaitu penumpukan sampah rumah tangga . Di Desa Sukorejo tidak ada pengepul sampah, masyarakat cenderung membakar sampah rumah tangga sehingga menimbulkan polusi udara. Kurangnya edukasi masyarakat mengenai pengelolaan sampah dan menjaga kebersihan lingkungan. Disamping itu Desa Sukorejo mempunyai daerah yang minim resapan air karena sebagian besar daerahnya diberi kavling.

Kami melakukan survey ke Desa Sukorejo dengan menemui perangkat desa untuk mencari informasi terkait kondisi Desa Sukorejo untuk menjelaskan konsep program kerja yang akan kami terapkan selama kegiatan PMM ini sampai selesai.

dokpri
dokpri

Di Desa Sukorejo memiliki lingkungan yang kurang ramah sehingga perlu adanya pengelolaan sampah organik dan anorganik agar pelestarian lingkungan desa tersebut berjalan dengan semestinya. Selain itu terdapat banyak UMKM yang kurang mengerti mengenai pemanfaatan teknologi digital dan masih membutuhkan edukasi pengimplementasian literasi digital.Tidak hanya di Desa kami juga memberikan sosialisasi di SDN Sukorejo 4 tentang pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat.

Keadaan budaya di Desa Sukorejo cukup baik karena masih menerapkan tradisi atau kebiasaan yang mudah membaur satu sama lain dengan baik tetapi pemahaman dan pemikiran mereka masih kebanyakan bersifat tradisional. Sedangkan perkembangan zaman dan teknologi yang sekarang semakin maju maka kami ingin mengubah pandangan mereka untuk mengenal sesuatu yang modern salah satunya penerapan teknologi digital. Kondisi religi Di Desa Sukorejo juga sangat baik karena banyak masyarakat melakukan kegiatan rutinan seperti pengajian.

dokpri
dokpri

Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini kami ingin membantu masalah dan pengembangan masyarakat. Kami akan melakukan pendampingan dalam penegelolaan sampah dan pembuatan resapan air dengan sistem Biopori. Kami juga memberikan sosialisasi tentang pentingnya kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan dan hidup sehat serta meningkatkan SDM yang ada di Desa Sukorejo dengan mengenalkan Digital Marketing dalam pengembangan UMKM karena ditinjau dari mata pencaharian masyarakat sekitar yang rata-rata mempunyai UMKM.

dokpri
dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan