Mohon tunggu...
khoiriyah
khoiriyah Mohon Tunggu... Lainnya - pendidikan

tugas pkn khoiriyah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Kegiatan Pembuatan Plangiasi, Sarana Pengenalan Media Informasi Penunjuk Arah di Desa Pait

23 Mei 2022   12:41 Diperbarui: 23 Mei 2022   12:43 42 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kegiatan Pembuatan Plangiasi, Sarana Pengenalan Media Informasi Penunjuk Arah di Desa Pait

 KEGIATAN PEMBUATAN PLANGISASI SEBAGAI SARANA PENGENALAN INFORMASI PENUNJUK ARAH DI DESA PAIT, KECAMATAN KASEMBON, KABUPATEN MALANG 

  Khoiriyah, Yely Diyunsari

Universitas Negeri Malang. Indonesia

Khoiriyah3156@gmail.com, Yelydiun02@gmail.com

ABSTRAK

         Desa pait, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang adalah salah satu desa pelosok yang bertepat tinggal dekat dengan lingkungan hutan yang masih alami. Desa tersebut memiliki mayoritas penduduk yang beprofesi sebagai petani, pemerah susu, berladang, dan penjual kelontong. Desa pait memiliki letak yang kurang strategis karena berada tepat di tikungan jalan yang rawan sekali terjadi kecelakaan. Banyak truk dan mobil besar lainnya yang selalu melewati depan pintu masuk ke Desa Pait. Metode pelaksanaan yang dilakukan dalam pelaksanaan program tersebut adalah : (1) Analisis Masalah, (2) Diskusi, (3) Penyusunan bahan, (4) Pelaksanaan Program. Dari hasil penelitian ini adalah sebagai sarana penunjuk arah yang dapat memudahkan masyarakat untuk mengetahui letak dusun dan potensi yang tersedia.

Kata Kunci : Plangiasi, Media Informasi, Penunjuk arah   

 PENDAHULUAN

       Desa Pait merupkan salah satu desa di wilayah Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang yang terdiri dari 5 dusun yaitu Dusun Slatri yang terdiri dari 2 RW, Dusun Bonjagung terdiri dari 1 RW, Dusun Pait Lor terdiri dari 1 RW, Dusun Baraan terdiri dari 1 RW, dan Dusun Tangkil terdiri dari 1 RW. Dengan berdiri beberapa lembaga masyarakat yang ada di dalamnya yaitu, Karang Taruna, Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Karang Werdha, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD). Potensi perekonomian desa ini cukup banyak, diantaranya adalah perkebunan durian, kopi, coklat, pertanian, peternakan, industri rumah tangga, dan potensi pariwisata. Potensi tersebut masih perlu diupauakan secara konvensional, menggunakan perlatan sederhana, manajemennya sederhana serta pemasarannya masih belum optimal sehingga dimungkinkan untuk dikembangkan.

         Keberadaan letak desa yang kurang strategis merupakan salah satu hal yang masih harus dioptimalkan. Terletak di tikungan jalan besar memungkinkan siapapun yang melintasi Desa Pait akan salah jalan. Selama ini berbagai letak desa atau dusun yang ada di desa pait masih belum terorganisir secara baik. Terutama penamaan nama desa, gang, dan letak potensi dari setiap dusun. Sehinga masih banyak yang belum terjamah oleh masyarakat luar. Padahal jika dioptimalkan secara baik, nama jalan atau penunjuk arah tersebut akan membawa masyarakat luar tertarik terhadap potensi yang ditawarkan oleh masing-masing setiap dusun.

Permasalahan 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan