Mohon tunggu...
Khofifatul jannah
Khofifatul jannah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Konflik dan Negosiasi dalam Sebuah Organisasi atau Perusahaan

21 Oktober 2021   21:56 Diperbarui: 21 Oktober 2021   22:12 115 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam sebuah organisasi pasti terdapar bermacama-macam karakter didalamnya. karena pada dasarnya setiap manusia memiliki sifat atau karakter yang berbeda. dalam sebuah organisasi atau perusahaan akan terjadi sebuah interasi baik atar individu atau antar kelompok maka akan ada keungkinan terjadinya sebuah perselisihan atau berbeda pendapat maka dari itu akan memunculkan sebuah konflik

Dengan adanya sebuah konflik manajer harus membuat sebuah cara untuk menghentikan konflik yang terjadi di lingkungan kerja salah satunya adalah dengan negosiasi atau musyawarah.

Nah udah ada pandangan kita akan membahas apa kali ini ? iya benar sekali kita akan membahas mengenai konflik yang terjadi di sebuah perusahaan atau organisasi dan bagaimana cara menyelesaikannya salah satunya dengan cara negosiasi. jangan lupa disimak ya.

Yang pertama kita akan membahas mengenai konflik yang terjadi dalam sebuah organisasi atau perusahaan sebelum kita membahas lebih dalam kita harus mengetahui apa itu konflik. 

Konflik merupakan keadaan dimana terjadi perselisihan atau perbedaan pendapat yang terjadi dalam lingkungan organisasi atau perusahaan yang dapat memengaruhi pencapaian kepentingan dan tujuan. dalam perspektif tradisional pasti kita akan beranggapan bahwa koflik itu harus dimusnahkan karenga dapat membuat sebuah perpecahan. 

Berbeda dengan pandangan yang terjadi dalam sebuah organisasi atau perusahaan konflik yang terjadi bisa berdampak negatif atau positif. pada umumnya konflik yang berdampak negatif adalah dapat menurunkan produktifitas karyawan, meningkatkan stres karyawan, dan dapat menimbulkan ketegangan antar individu atau kelompok. 

Namun konflik juga bisa berdampak positif ketika konflik tersebut dapat dikelola dengan baik maka akan dapat menguntungkan organisasi atau perusahaan seperti konflik dapat mendorong terjadinya sebuah solusi atau dapat membuah sebuah intropeksi untuk menjadi lebih baik lagi.

selanjutnya kita akan membahas mengenai penyebab terjadinya sebuah konflik.

sumber-sumber konflik

1. komunikasi

Komunikasi merupakan penyebab utama yang sering menyebabkan terjadinya sebuah konflik. karena dengan kurang baiknya komunikasi atau komunikasi yang jelek akan dapat menimbulkan sebuah perselisihan atau kesalah fahaman antar anggota organisasi. Dalam sebuah organisasi komunikasi yang efektif dapat menimbulkan sebuah kerjasama yang baik sehingga bisa tercapainya tujuan organisasi atau perusahaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan