Mohon tunggu...
kharizal afriandi
kharizal afriandi Mohon Tunggu... Freelancer

Digital Marketing Strategist | SEO-First Mindset, Multi-Platform Execution, Data-Driven Decision Maker

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Panduan Mengklaim dan Mengoptimalkan Google Business Profile ( Google busines )

16 Juli 2025   12:40 Diperbarui: 16 Juli 2025   16:21 39
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mengklaim dan Nengoptimalkan Google Business Profile ( Google busines )/ cg

Mengapa Google Business Profile Itu Penting?

Dalam era digital saat ini, 75% pengalaman online dimulai dari mesin pencari. Salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan visibilitas bisnis lokal Anda adalah dengan memastikan bisnis Anda muncul dan teroptimasi di Google melalui Google Business Profile (GBP), atau yang dulu dikenal sebagai Google My Business.

Google Business Profile adalah alat gratis dari Google yang memungkinkan pemilik bisnis menampilkan informasi mereka di hasil pencarian Google dan Google Maps, menjangkau calon pelanggan di saat yang tepat---ketika mereka sedang mencari produk atau layanan yang Anda tawarkan.

 

Langkah-Langkah Mengklaim dan Mengoptimalkan Google Business Profile Anda

Berikut adalah 9 langkah teknis yang bisa Anda ikuti:

1. Klaim atau Buat Profil Bisnis Anda

Jika bisnis Anda sudah muncul di Google Maps:

  • Buka https://www.google.com/maps

  • Ketik nama bisnis Anda

  • Klik "Klaim bisnis ini" atau "Own this business?"

Jika belum terdaftar:

2. Verifikasi Kepemilikan

Google akan meminta Anda memverifikasi bahwa Anda pemilik sah bisnis tersebut. Metode verifikasi bisa berupa:

  • Kode via SMS atau telepon

  • Email bisnis (khusus bisnis tertentu)

  • Kartu pos yang dikirim ke alamat fisik bisnis Anda

  • Verifikasi instan (jika Anda sudah menghubungkan website ke Google Search Console)

Verifikasi adalah langkah wajib agar Anda dapat mengelola dan mengedit listing bisnis Anda.

3. Lengkapi Informasi Dasar Profil

Pastikan untuk mengisi data secara lengkap dan akurat:

  • Nama bisnis (harus sesuai dengan yang digunakan publik)

  • Alamat lengkap dan area layanan

  • Nomor telepon aktif

  • Link ke situs web (jika ada)

  • Jam operasional

  • Deskripsi bisnis yang informatif

Gunakan kata kunci lokal yang relevan agar profil Anda lebih mudah ditemukan di hasil pencarian lokal.

4. Tambahkan Foto Berkualitas Tinggi

Gambar bisa meningkatkan engagement secara signifikan. Tambahkan:

  • Foto luar dan dalam toko

  • Tim kerja

  • Produk atau layanan

  • Logo dan banner

Fakta: Google menyatakan bahwa bisnis dengan foto menerima 42% lebih banyak permintaan petunjuk arah dan 35% lebih banyak klik ke website.

5. Pilih Kategori Bisnis yang Sesuai

Pilih kategori utama yang paling akurat menggambarkan bisnis Anda (misalnya: Toko Roti, Fotografer Pernikahan, Konsultan SEO).

Anda juga dapat menambahkan kategori sekunder jika diperlukan.

Hindari memilih kategori yang terlalu umum atau tidak relevan.

6. Tambahkan Produk dan Layanan

Google Business Profile memungkinkan Anda menampilkan:

  • Nama produk/layanan

  • Harga (jika ada)

  • Deskripsi

  • Gambar produk

Tujuannya agar calon pelanggan langsung mengetahui apa yang Anda tawarkan tanpa perlu membuka website.

7. Kumpulkan dan Tanggapi Ulasan Pelanggan

Ajak pelanggan yang puas untuk memberikan ulasan. Selalu balas, baik itu ulasan positif maupun negatif, dengan sopan dan profesional.

Manfaat ulasan:

  • Meningkatkan kepercayaan

  • Meningkatkan peringkat pencarian lokal

  • Menjadi social proof yang kuat

 Fakta: Pelanggan 2.7x lebih mungkin percaya pada bisnis dengan ulasan Google aktif.

8. Posting Pembaruan Secara Berkala

Gunakan fitur Posts untuk membagikan:

  • Promo

  • Event atau workshop

  • Tips atau konten edukatif

  • Pengumuman

Profil yang aktif memposting secara rutin akan lebih sering muncul di hasil pencarian.

Rekomendasi: Posting minimal 1 kali per minggu.

9. Pantau Kinerja Profil Anda

Gunakan Google Business Insights untuk melihat:

  • Berapa banyak orang melihat profil Anda

  • Bagaimana mereka menemukan bisnis Anda (pencarian langsung, penelusuran, maps)

  • Apa tindakan yang mereka lakukan (klik, telepon, rute)

Gunakan data ini untuk mengoptimalkan strategi pemasaran Anda.

Mengklaim dan mengoptimalkan Google Business Profile adalah langkah penting untuk:

  • Meningkatkan visibilitas lokal

  • Membangun kepercayaan

  • Mendatangkan pelanggan potensial

Langkah-langkah di atas tidak hanya meningkatkan kehadiran digital Anda, tetapi juga memberikan Anda kontrol penuh atas bagaimana bisnis Anda muncul di mata publik.

Referensi Resmi:

  • Google Business Help Center

  • Google Business Profile Updates

  • Google Search Central: SEO for Local

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun