Mohon tunggu...
ARTIKEL PPG
ARTIKEL PPG Mohon Tunggu... Guru - PPG PRAJABATAN

Artikel seputar pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penerapan Metode Project Based Learning dalam Peningkatan Kreatifitas pada Mata Pelajaran IPAS Kelas 4

8 Mei 2024   10:37 Diperbarui: 8 Mei 2024   13:10 49
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ditulis oleh : Diska Ayu Zunaida (Mahasiswa PPG Prajabatan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)

Pembelajaran  IPAS  menekankan  bahwa  proses  pembelajaran  harus bersifat ilmiah, menghasilkan produk sains melalui eksperimen, dan membentuk sikap ilmiah.  Siswa  harus  aktif  dalam  melakukan  pembelajaran  melalui  eksperimen,  pengamatan,  dan  percobaan. Salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan sikap berpikir kreatif siswa dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL). Berdasarkan hasil observasi di SDN Sumurwelut III Surabaya ditemukan permasalahan kurangnya kreativitas belajar, kurangnya kemampuan peserta didik dalam mengemukakan ide, pendapat atau gagasan.

Tujuan penelitian dari penelitian tindakan kelas yaitu untuk menganalisis penerapan metode project based learning dalam peningkatan kreatifitas pada mata pelajaran IPAS Kelas 4 di SDN Sumurwelut III Surabaya. manfaat penelitian dari membantu meningkatkan kreativitas berinovasi siswa pada mata pelajaran IPAS. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan Model Stephen Kemmis dan Robyn McTaggart yang tiap siklus terdiri dari empat komponen pokok, yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes tulis dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I dengan nilai persentase 78,33% dengan kategori baik, siklus II 83,33% dengan kategori sangat baik, Aktivitas peserta didik siklus I memperoleh nilai persentase 75% dengan kategori baik, siklus II 85% dengan kategori sangat baik. Tingkat kreativitas belajar peserta didik siklus I memperoleh nilai persentase 59,375% dengan kategori kurang kreatif, siklus II 87,5% dengan kategori kreatif. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode project based learning dapat meningkatkan kreatifitas pada mata pelajaran IPAS Kelas 4 di SDN Sumurwelut III Surabaya

Ditulis oleh : Diska Ayu Zunaida (Mahasiswa PPG Prajabatan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)


Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun