Mohon tunggu...
Fardan Mubtasir
Fardan Mubtasir Mohon Tunggu... Guru - Human, Culture, and Society

Seseorang yang sedang belajar menjadi "manusia" dan belajar berbagi coretan-coretan sederhana yang bisa berdampak positif terhadap sekitar.

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Penerapan Reuse dalam Mengurangi Sampah Plastik pada Kehidupan Sehari-hari

20 Mei 2024   19:37 Diperbarui: 20 Mei 2024   19:41 262
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Reuse. Sumber: Pixabay.com

Belakangan ini, sampah di Indonesia semakin menumpuk dan menghasilkan banyak sampah setiap tahunnya. Reuse merupakan daur ulang suatu barang, terutama sampah plastik yang bertujuan untuk mengurangi hasilnya sampah dari kegiatan sehari hari.

Reuse adalah kata dalam Bahasa inggris yang artinya menggunakan/penggunaan kembali atau bisa diartikan juga reuse adalah suatu barang yang digunakan berulang kali.

Tentunya hal ini sangat bermanfaat untuk mencegah timbulnya banyak sampah-sampah plastik karena manusia setiap harinya pasti akan menghasilkan sampah yang tentu membutuhkan waktu lama untuk terurai.

Maka, dengan penggunaan reuse adalah salah satu pilihan yang bagus. Maka dari itu, diperlukan kesadaran oleh seluruh masyarakat di Indonesia untuk mengurangi pengurangan sampah, terutama sampah plastik pada kehidupan sehari-hari.

Reuse dapat terbagi menjadi empat bagian. Pertama, bisa menjadi program pengisian ulang atau penggunaan barang dengan kegunaan yang sama, seperti botol minuman kemasan yang kalian beli, lalu dipakai kembali sebagai tempat minuman, atau membeli tempat minuman seperti tumblr untuk digunakan berulang kali.

Kedua, mengubah fungsi seperti mengubah barang yang tak terpakai untuk kegunaan lain seperti sedotan plastik untuk dijadikan kerajinan bunga, tas belanja untuk digunakan berulang kali pakai, atau kemasan plastik, bungkus kopi yang diubah menjadi karpet, botol bekas yang dijadikan tempat pensil, dan sebagainya.

Ketiga, pusat penukaran barang bekas, pusat pusat penukaran barang bekas ini biasanya akan memanfaatkan alat-alat rumah tangga atau kemasan makanan yang masih layak digunakan, kemudian mereka akan membuatnya tersedia untuk dijual lagi.

Keempat, perakitan Kembali seperti mesin, CRT, catridge printer, dan barang lainnya yang masih memiliki nilai dan juga fungsi. Lalu setelah dikumpulkan, barang-barang tersebut akan dikirimkan ke pusat perakitan dan harapannya ada pada spesifikasi produk yang sama seperti produk baru lagi.

Salah satu kegiatan sehari-hari yang kurang baik dilakukan masyarakat di Indonesia dengan menggunakan sampah plastik adalah seperti jajan menggunakan plastik sebagai wadah makanan, menggunakan plastik sebagai tempat pembuangan sampah, menggunakan plastik sebagai tempat untuk membuat es batu, menggunakan plastik sebagai tempat belanja, membuang botol atau kemasan plastik dan juga masih banyak pabrik-pabrik yang masih menggunakan kemasan plastik untuk produk yang mereka perjual belikan dan reuse yang terbagi menjadi empat, sehingga bisa dijadikan pilihan oleh masyarakat untuk mengurangi sampah plastik.

Contoh lain dari barang-barang yang bisa digunakan untuk penggunaan reuse diantaranya adalah, tas belanja, tempat minum, tempat makan, botol plastik. Penggunaan sedotan stainless dibanding sedotan plastik, mengurangi penggunaan kertas dan memakai catatan pada gawai sebagai gantinya, dan masih banyak lagi yang masih bisa dilakukan dalam kegiatan reuse ini dan mengubah kebiasaan dalam menghasilkan sampah ke ranah yang lebih baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun