Mohon tunggu...
Khairu Syukrillah
Khairu Syukrillah Mohon Tunggu... Aceh | khairuatjeh@gmail.com | IG @khairu_syukrillah

Berbuat baiklah bukan karena surga, tapi karena tuhan sudah sangat baik kepada kita

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Memanah, Olahraga Sunnah untuk Melatih Fokus dan Kecerdasan

13 Maret 2020   11:38 Diperbarui: 13 Maret 2020   11:37 700 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memanah, Olahraga Sunnah untuk Melatih Fokus dan Kecerdasan
Dok Pri

Jumat barokah, bagi ummat muslim adalah hati yang dimanfaatkan untuk berolahraga dan beribadah baik wajib maupun sunnah. Dalam mengisi waktu luang, memanah adalah salah satu olahraga yang saat ini diminati oleh banyak kalangan. 

Memanah merupakan salah satu olahraga yang bagi Rasulullah dianggap sebagai aktifitas atau olahraga Sunnah yang dianjurkan. Kenapa begitu? Karena banyak sekali manfaat yang didapat dari olahraga memanah ini.

Dok Pri
Dok Pri

Manfaat pertama yaitu melatih fokus. Fokus pada olahraha memanah ini memang sangat penting, bagaiaman kita dapat mengendalikan nafas, dan konsentrasi serta tarikan busur yang baik untuk menarget titik yang akan dituju. Hal ini tentu saja melatih fokus kita untuk berfikir.

Selanjutnya adalah melatih kesabaran. Sabar dalam memainkan panahan itu penting, kegagalan dalam mencapai target panahan sangat penting. Bagi pemanah pemula, mampu menancapkan busur pada papan target walaupun jauh dari sasaran merupakan suatu kepuasan tersendiri, apalagi dapat mencapai sasaran target yang direncanakan seperti do tengah papan target.

Manfaat lain adalah baik untuk mata. Hal ini berpengaruh karena dengan bermain panah, titik fokus mata terus diasah. Sehingga memunculkan energi yang baik bagi mata untuk dapat melihat dengan baik.

Kemudian menambah kecerdasan. Teori ini berdasarkan dari beberapa publis media yang mengatakan bahwa Ada fisika di dalam lesatan anak panah yang disebut archer's paradox, yaitu fenomena menarik saat panah dilepaskan kearah kiri atau kanan (keluar dari target) tetapi akan kembali ke arah yang lurus dan mengenai target. Kondisi ini juga akan melatih kecerdasan.

Terakhir adalah olahraga yang bersifat sosial, karena dalam olahraga memanah tentu saja terdiri dari banyak orang. Pada kondisi ini, menjadikan olahraga panahan sebagai olahraga yang dapat dijadikan hal sosial karena para pemainnya yang tidak dibatasi untuk saling berinteraksi.

Dok Pri
Dok Pri

Demikian beberapa manfaat dari olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Selain melatih fokus dan kecerdasaan, busur panah juga dapat ditempatkan di dinding sebagai hiasan untuk mempercantik ruangan sembari menunggu jadwal untuk beribadah Jumat siang anda.

KBC-24 | Kompasianer Brebes

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x