Mohon tunggu...
Khairunnisa z putri
Khairunnisa z putri Mohon Tunggu... Wiraswasta - About Nisaputri

Hallo salam kenal, aku blogger travel lifestyle story, yang masih punya cita cita untuk menjelajah indonesia. kunjungi website aku di www.nisazet.com. Kerja sama : Nisazputri24@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Mulailah Decluttering Dari Langkah Kecil

12 Januari 2024   00:04 Diperbarui: 12 Januari 2024   00:08 226
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nisazputri ||  Semenjak menjadi bagian #pakaisampaihabis tahun 2021 kemarin,aku menerapkan bagaimana hidup seminimalis mungkin, walaupun kadang suka kecolongan tetapi sebisa mungkin harus tetap dikontrol. Alasan aku menjadi bagian #pakaisamapihabis karena, akan terlihat sangat mubazir ketika membeli sesuatu tetapi produk yang dibeli hampir sama fungsi dan kegunaanya.

Lantas, bagaimana ketika membeli produk baru tetapi tidak cocok? Nah begitulah kiranya yang pernah aku rasakan. Ketika membeli lipstik baru dengan warna yang berbeda, tetapi pas dicoba dengan wajah sangat tidak cocok. Hahaha

Solusinya yaitu ketika barang keluar 3 maka yang masuk harus 3. Lipstik baru akan diberikan ke saudara yang benar-benar memerlukan, alias orang-orang yang benar mereka pakai. Jadinya tidak mubazir di rak kosmetik secara percuma.

Setelah sudah konsisten menggunakan prinsip pakaisampaihabis, akhirnya aku mulai menerapkan proses decluttering.

Pengertian Decluttering

Buat teman-teman yang penasaran, atau baru sekedar mendengar kata Decluttering. Akan aku jelaskan, yaitu Menyisihkan barang yang masih berfungsi dengan baik, tetapi memang sudah tidak terpakai lagi.

Pernah gak, ketika kita beres-beres untuk memberikannya ke orang, tetapi masih ada kata sayang dalam penerapanya. Niat hati mau diberikan, eh ada kata sayang, malah masuk lemari lagi deh.

Dulunya sebagai pencinta tumbler, aku tentunya banyak mengoleksi dengan berbagai warna dan merk, karena saking lucunya dari beberapa bentuk. Ternyata menumpuk barang yang berlebihan itu benar-benar tidak baik, selain mubazir seperti yang aku jelaskan, juga rumah menjadi penuh, alangkah lebih indahnya ketika barang yang memang sudah tidak dipakai sebaiknya diseleksi dan diberikan ke mereka yang sedang membutuhkan.

Kenapa Harus Melakukan Decluttering

Alasan aku memutuskan untuk decluttering yaitu agar memiliki space kosong, rumah menjadi lebih bersih, rapi, dan juga ketika kebanyakan barang yang menumpuk di rumah menjadi sumpek. Walaupun dia berada di dalam gudang, ketika melihat gudang untuk mencari sesuatu sangat sulit, saking banyaknya barang-barang yang sudah tidak dipakai, alias dianggurin.

Kesan Setelah Melakukan Decluttering

Beberapa kesan yang aku rasakan, ketika melakukan decluttering yaitu lebih ada perasaan happy yang keluar dari dalam diri, mengurangi stress dan juga menjadi lebih mudah memelihara barang yang sedikit. Tetapi sesuai dengan kebutuhan.
Lalu yang menjadi pertanyaan, Bagaimana ketika seorang pemula mau memulai langkah decluttering? jawabanya sangat simple, mulai dulu dari hal kecil.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun