Mohon tunggu...
Khairunnisa Nisa
Khairunnisa Nisa Mohon Tunggu... Penulis - all is well

peramu aksara

Selanjutnya

Tutup

Wisata Artikel Utama

Pesona Air Mata Permai

23 Juni 2021   22:01 Diperbarui: 2 Juli 2021   13:47 339 12 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pesona Air Mata Permai
pantai air mata permai (pantai air mati) pict by: Nisa

Ketapang---Air Mata Permai adalah nama sebuah pantai yang terletak di Desa Sungai Awan Kiri, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Pantai ini lebih akrab di telinga warga Ketapang dengan nama Pantai Air Mati.

Pantai ini berjarak kurang lebih 10 km dari kota Ketapang, dengan waktu tempuh kurang lebih 15 menit. Untuk menuju pantai ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 dan roda 4. Hanya saja saat musim penghujan diharapkan hati-hati karena jalanan akan jadi berlumpur dan sangat licin.

Objek wisata Pantai Air Mata Permai ini mempunyai luas wilayah kurang lebih 100 hektar dengan didominasi hutan bakau yang masih sangat terawat dan merupakan salah satu tempat pengamatan satwa burung.

Ada sekitar 27 jenis burung yang ditemukan di sekitar pantai Air Mata Permai ini, antara lain butorides satriatus, haliastur indus, haliaetus leucogaster, numenius arquata, numenius phaeopus, tringa cinereus, tringa hypoleucos, streptopelia chinensis, pelargopsis capensis dan lain-lain.

Selain menjadi tempat pengamatan burung, pantai ini merupakan lokasi yang sangat cocok dijadikan tempat rekreasi bersama sanak saudara, keluarga, ataupun teman. 

Pantai ini menjadi salah satu pantai favorit warga Ketapang untuk menghabiskan waktu akhir pekan. Karena lokasinya yang tidak terlalu jauh serta pemandangan alamnya yang bagus, dan fasilitas yang memadai menjadi alasan kuat pengunjung betah berlama-lama di sini.

pondok yang membuat nyaman pengunjung pict by: Nisa
pondok yang membuat nyaman pengunjung pict by: Nisa

Fasilitas di pantai ini cukup lengkap, mulai dari mushola, tempat parkir yang luas, pondok untuk bersantai, warung makan, tempat wudhu, toilet, kamar mandi, serta beberapa wahana permainan yang dapat dicoba. 

Permainan yang dapat dicoba diantaranya ATV dan kano. Untuk ATV biaya sewanya mulai 50 ribu perjam dan untuk kano sekitar 30 ribu perjam.

Fasilitas yang lengkap inilah membuat pengunjung selalu ramai di tiap akhir pekan. Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa pengunjung, mereka mengatakan bahwa hampir tiap akhir pekan selalu ke pantai ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN