Mohon tunggu...
Khairul Ayat
Khairul Ayat Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

hobi sepakbola dan futsal

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Desain Rancang Alat Pencacah Rumput Manual oleh Mahasiswa KKNT Universitas Diponegoro

7 Desember 2022   14:26 Diperbarui: 7 Desember 2022   14:49 86
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

    Di kelurahan meteseh Kecamatan Tembalang Semarang tepatnya di RW 10 terdapat kelompok tani dan juga beberapa di anataranya melakoni usaha ternak kambing. Dalam pemberian pakan, para peternak kambing dihadapkan dengan permasalahan kurangnya peralatan penunjang yang memudahkan dalam pemberian pakan kambing, yang perlu campuran dedak dan juga nutrisi. Tentunya alat pencacah rumput sangat di perlukan oleh para peternak kambing di RW 10 Kelurahan Meteseh untuk memudahkan pencampuran.

Bebarengan dengan dilaksanakannya Kuliah Kerja Nyata Tematik oleh mahasiswa-mahasiswi Universitas Diponegoro yang tergabung dalam beberapa jurusan , diantaranya terdapat mahasiswa yang bernama Khairul Ayat yang berasal dari jurusan Teknik mesin , Mahasiswa tersebut membantu para peternak kambing dengan salah satu proker mononya yaitu perancangan alat pencacah rumput manual yang dirancang melalui konsultasi dan juga mencari referensi kebutuhan dari para peternak kambing RW10 Kelurahan Meteseh.

Pengerjaan proker tersebut didesain menggunakan software solidwork dandi laksanakan selama 30 hari beriringan keberlangsungan KKN yang sedang dilaksanakan, hasil akhirnya telah rampung dan juga diserahkan pada tanggal 29 November 2022 kepada Bapak Isnur selaku  pengelola setempat, dengan adanya desain tersebut diharapkan para peternak kambaing dimudahkan dalam pembuatan alat pencacah tersebut karena adanya gambaran yang jelas yang disertai dengan rencana anggaran biaya yang dapat disesuaikan kemampuan financial.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun