Mohon tunggu...
Kezia Caitlin
Kezia Caitlin Mohon Tunggu... Mahasiswa

Penerima Beasiswa Prestasi STP Trisakti Menulis untuk berbagi sedikit pendapat dan pengetahuan

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Cermat dalam Belanja Online

30 Juni 2020   22:32 Diperbarui: 30 Juni 2020   22:29 4 0 0 Mohon Tunggu...

Bagi para kaum belanja online mungkin belanja online sudah seperti kegiatan yang rutin di lakukan dan sangat menghibur, entah memang membeli kebutuhan atau hanya barang random yang menggiurkan. Hal ini tentu meningkat saat kondisi seperti sekarang yang banyak dari kita masih WFH. Tentu sangat menarik untuk belanja disela-sela lelahnya bekerja dirumah.

Dalam belanja online tentu kita harus cermat dalam memilih barang yang hendak kita beli. Jangan hanya tergiur dengan harga murah atau jumlah pembelian yang banyak, atau karena sedang flash sale. ada beberapa hal penting yang harus kita perhatikan, antara lainnnya adalah review dari para pembeli, apakah lebih banyak yang bilang bahwa kualitas bagus atau sebaliknya.

Biasakan juga meluangkan waktu untuk membaca deskripsi, gunanya adalah untuk tidak mengecewakan ekspetasi yang telah kita taruh, karena biasanya gaambar diberanda jualan hanyalah gambaran barang, terkdang bisa terjadi beda ukuran atau warna yang harus kita perhatikan. Selain itu biasakan untuk bertanya akepadapenjual tentang barang yang akan kita beli apabila masih ada yang kurang dipahami.

Selain itu, kita juga dapat mempermudah dalam mencari barang dengan menggunakan fitur filter untuk menemukan barang yang sesuai dengan kita, dari harga hingga ekspedisi.

Selain cermat dalam memilih barang, kita juga harus cermat dalam memberi penilaian, contohnya barang yang kita terima dalam kondisi 100% baik, tetapi saat dicek pengiriman sangat lama, maka yang harus disalahkan adalah ekspedisinya, bukan penjualnya.

Lagi pula ekspedisi yang menentukan adalah kita sendiri, jika lama maka adabaiknya dijadikan pembelajaran bagi diri kita sendiri, bukan malah merating penjual dengan rating yang jelek, karena itu dapat merugikan penjual.

Beda hal jika memang saat pengemasan, atau cara packing penjual yang kurang baik sehingga mengakibatkan kerusakan barang, maka dapat dibicarakan terlebih dahulu dengan pihak penjual untuk mendaptkan win win solution. tetapi jika tidak mendapatkan hasilpun kita baru boleh memberi rating rendah dengan catatan memberikan juga lampiran dalam rating tersebut sehingga tidak menjadi fitnah.

Kira kira bsekian dari saya, semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang gemar belanja online!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x