Mohon tunggu...
Kevin DwiFirmansyah
Kevin DwiFirmansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Perkenalkan nama saya Kevin Dwi Firmansyah saya sedang berkuliah di Universitas Pamulang jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi.

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Pengaruh Membaca Novel

7 Januari 2022   13:10 Diperbarui: 7 Januari 2022   13:32 200
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Minggu kemarin, akan menjadi  pembelajaran bagi saya. Pertama kalinya saya, sebagai penggemar novel tidak membawa novel ketika perjalanan ke rummah kakek. Pada waktu itu, saking semangatnya saya ingin bertemu dengan saudara disana, saya bersiap-siap dengan terburu-buru yang sehingganya sampai lupa membawa novel. Kemudian setelah di perjalanan saya tersadar tidak membawa novel, saya langsung bertukar pesan dengan saudara saya disana untuk menanyakan apakah ada gramedia atau toko buku di dekat sana, dan dia pun menjawab kalau didekat sana tidak ada toko buku atau gramedia yang dekat. Alhasil, saya pun menyesal karena tidak membawa novel, dan benar saja, akhirnya sepanjang perjalanan saya mengalami kebosanan.

Saat itu, saya jadi teringat dengan artikel yang mengatakan bahwasannya, novel itu selain menghilangkan kebosanan disaat waktu senggang, novel juga dapat meningkatkan pengetahuan kita terhadap bahasa. Secara tidak sadar pun memang saya mengakui, setelah saya laa membaca, kosa kata yang saya miliki pun terbilang lebih banyak dan lebih unik ketimbang kebanyakan anak-anak sekarang.

Ada buku yang mungkin membuat kosa kata saya lebih baik dari sebelumnya yaitu BUMI SERIES Karya Tere Liye. Entah kenapa ketika pembahasan Tere Liye saya selalu teringat dengan tokoh Ali si Makhluk Rendahan dari Klan Bumi.

Bandingkan saja, anak yang lebih sering membaca dengan anak yang lebih sering bermain game, pasti berbeda. Karena, apapun buku yang ia baca, ribuan kalimat bahkan jutaan kata akan membekas diingatannya ketimbang anak yang berlebihan bermain game.

Tidak dapat dipungkiri, bagi penggemar novel, membawa novel saat berpergian jauh apalagi ke luar kota menjadi wajib hukumnya. Tak tahu kenapa, tapi memang benar adanya. Selain mengisi waktu luang, mungkin si pembaca harus merasakan membaca novel di suasana  yang berbeda.

Dan menurut saya, membaca novel memang sangat membantu belajar kosa kata dan memperkaya istilah-istilah bahasa yang sesuai dengan KBBI. maka dari itu, saya mengajak kepada orang tua untuk membimbing para anak-anak untuk gemar membaca buku, karena membaca buku, akan sangat  membantu mempelajari kosa kata dan bahasa. Akan tetapi, perlu diperhatikan cara membaca novel yang baik dan benar agar tidak merusak kesehatan si anak.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun