Mohon tunggu...
Fra Undead
Fra Undead Mohon Tunggu... Lainnya - Manusia, bukan zombie

Hanya manusia biasa, bukan zombie yang luar biasa

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Jauhi Stress Selama Belajar Online

30 Juli 2020   09:00 Diperbarui: 30 Juli 2020   09:17 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Tak jarang saya dengar keluh kesah teman teman saya yang belajar online. Ada yang bilang, "Belajar online, otak offline, uang jajan afk".

Yang lain bilang, "beban hidupmu tak seberat beban tugasku", ada pula yang bilang, "buah busuk  tidak dijual, tugas masuk kuota keluarr".

Saya perhatikan satu persatu teman teman saya. Ada yang santai, ada yang klenger, ada pula yang bersikap bodoamat terhadap tugas tugasnya.

Kalau saya sendiri sih, untuk sekarang termasuk yang santai. Pada artikel saya ini, saya akan membagikan tips dan trik agar tidak stress gara gara belajar online.

1. Jangan menunda nunda tugas. Segera selesaikan agar tidak menumpuk

Banyak diantara teman teman saya yang menunda nunda tugasnya dengan berbagai alasan. Ada yang bilang malas, Ada yang bilang sedang nggak mood, dan seribu satu alasan lainnya. Akhirnya, akibat ditunda tunda tugas tugas tersebut akan menumpuk dan membuat stress pastinya. Apalagi kalau deadlinenya sudah dekat. Jadi, kalau tidak mau stress jangan menunda nunda tugas agar tidak menumpuk.

2. Luangkan waktu untuk istirahat

jangan lupa meluangkan waktu untuk istirahat walau sebentar. tapi, jangan sampai kebablasan juga istirahatnya. 10 sampai 30 menit adalah waktu yang pas untuk mengistirahatkan tubuh dan otak. bermain game ringan atau berbaring sebentar dikasur bisa dilakukan untuk mengistirahatkan tubuh dan otak.

3. Makan makanan bergizi. Bukan junkfood

Selain istirahat, makan juga merupakan hal penting. Jangan sampai gara gara tugas malah lupa makan. Telat makan dapat menyebabkan gangguan sistem pencernaan sepert kram perut dan nyeri, sembelit atau diare, serta kembung. Selain itu, mengonsumsi junk food bisa membuat merasa lesu dan tidak bersemangat. 

4. Tidur yang cukup

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun