Mohon tunggu...
Ketawang Um
Ketawang Um Mohon Tunggu... KKN Universitas Negeri Malang

Kelompok KKN UM ini bertugas di desa Ketawang, Gondanglegi kab. Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Sosialisasi dan Pelatihan Tentang Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva oleh Mahasiswa KKN UM 2021

22 Juli 2021   22:32 Diperbarui: 22 Juli 2021   22:45 104 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sosialisasi dan Pelatihan Tentang Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva oleh Mahasiswa KKN UM 2021
Sosialisasi dan Pelatihan Desain Menggunakan Canva (dokpri)

Malang -- Kamis, (22/07/2021) Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang mengadakan sosialisasi dan pelatihan tentang desain grafis dengan media canva kepada karang taruna dan pelaku UMKM desa Ketawang kecamatan Gondanglegi kabupaten Malang. Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan desain grafis bagi anggota karang taruna dan pelaku UMKM desa Ketawang. Mengingat pentingnya konten visual di era yang sudah serba digital ini. Konten visual adalah bagian penting dari representasi di dunia maya, baik itu website, blog, ataupun media sosial lainnya. Kegiatan pelatihan ini adalah sebagai penunjang bagi pemuda karang taruna desa Ketawang kecamatan Gondanglegi kabupaten Malang dalam memahami lebih jauh lagi mengenai desain grafis. Kemampuan dalam menyampaikan ide dan gagasan dalam upaya untuk membangun desa memerlukan dukungan teknologi informasi dan komunikasi yang dituangkan dalam bentuk spanduk, poster, undangan. Ini semua dapat dilakukan, jika kita dapat menguasai atau memiliki kemampuan desain grafis yang baik.

Selain itu banyak bisnis yang sudah mulai online dan menggunakan berbagai platform media sosial untuk memasarkan bisnisnya, namun sayangnnya masih banyak dari mereka yang tidak memanfaatkan konten visual dalam proses pemasarannya, karena mereka merasa bahwa keterampilan desain mereka tidak sesuai dengan standar. Banyak pemilik bisnis online yang mungkin berpikir bahwa mereka bukan fotografer atau seorang desain grafis, sehingga mereka memposting gambar di media sosial bisnis mereka dengan kualitas yang asal-asalan, padahal saat ini ada banyak sekali alat/software yang dapat kita gunakan sebagai alat bantu dalam pembuatan konten visual yang memudahkan bagi siapa pun untuk membuat konten bermutu profesional dengan sedikit atau tanpa keahlian sama sekali.

dokpri
dokpri

Menciptakan konten visual bukanlah keahlian sembarang orang. Membuat desain grafis misalnya, membutuhkan software yang tidak mudah untuk dipelajari orang awam. Untungnya, ada alternatif yang bisa digunakan oleh semua khalayak dengan lebih mudah dan gratis, yaitu Canva. Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang memberikan keterampilan dasar dalam mendesain melalui aplikasi canva. Mempelajari berbagai fitur yang ditawarkan aplikasi web tersebut dan langkah-langkah dasar untuk mulai mengoperasikannya.

dokpri
dokpri

Kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini diselenggarakan secara daring mengingat kondisi yang kurang memungkinkan jika dilakukan secara offline. Awalnya kegiatan ini akan dilakukan secara offline agar dapat mempraktekkan secara langsung (workshop). Namun karena beberapa kendala, akhirnya dilakukan secara online dengan video tutorial yang jelas dan mudah dipahami. Dengan segala keterbatasan, diharapkan anggota karang taruna dan pelaku UMKM Desa Ketawang dapat memahami dan mengambil manfaat dari kegiatan ini.

VIDEO PILIHAN