Mohon tunggu...
Kelompok 98
Kelompok 98 Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) UPN "VETERAN" JAWA TIMUR Kelompok 98 Desa Kebondalem

"Meningkatkan Potensi Desa Kebondalem melalui Pengembangan UMKM dan Ekonomi Kreatif" Skema Desa Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pembuatan Teknologi Tepat Guna Aquaponik oleh Mahasiswa KKNT 98 UPNVJT

7 Juli 2022   22:00 Diperbarui: 7 Juli 2022   22:01 38 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mahasiswa KKNT 98 saat menyerahkan TTG kepada Kader PKK Desa Kebondalem/Dok Pribadi

Pembuatan teknologi tepat guna merupakan salah satu program kerja yang akan diberikan kepada Desa Kebondalem. Salah satu pilihan teknologi tepat guna yang akan diberikan ialah aquaponik

Cara pembuatannya yang mudah, sederhana, murah, dan tidak membutuhkan tempat yang luas merupakan pertimbangan yang menjadi dasar pemilihan aquaponik. Selain itu, tujuan pembuatan aquaponik ialah memberikan solusi terhadap Ibu-ibu PKK mengenai penambahan uang kas yang nantinya dapat dipergunakan untuk melaksanakan kegiatan PKK yang bermanfaat.

Waktu pembuatan aquaponik hanya membutuhkan waktu tiga hari sebelum diserahkan kepada Ibu-ibu PKK. Penyerahan aquaponik dilakukan pada hari Rabu, 29 Juli 2022 kepada perwakilan PKK. 

Teknologi tepat guna ini disambut dan diterima dengan baik oleh ketua PKK "terimakasih aquaponiknya, insya allah akan dirawat dengan baik dan ini juga salah satu program yang pernah diajukan tapi gagal karena kekurangan dana" pungkas Ketua PKK. Penyerahan aquaponik juga disertai dengan penjelasan cara perawatan, panen hingga penanaman ulang.

Aquaponik yang dibuat oleh mahasiswa KKNT 98 untuk PKK Desa Kebondalem/Dok Pribadi
Aquaponik yang dibuat oleh mahasiswa KKNT 98 untuk PKK Desa Kebondalem/Dok Pribadi

Alat dan bahan pembuatan aquaponik yang digunakan cukup terjangkau yaitu ember, rockwool, kain flanel, kawat, ikan lele, benih tanaman dan gelas plastik bekas yang sudah bersihkan.  

Teknologi aquaponik ini dapat memperoleh hasil yang melimpah, karena selain dari tanaman yang ditanam tapi juga berasal dari lele yang ada dalam ember tersebut. sehingga sekali panen dapat diperoleh 2 hasil sekaligus. 

Oleh karena itu,  harapan kelompok 98 teknologi tepat guna ini dapat dimanfaatkan sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan. Serta dapat dijadikan sebagai edukasi bagi masyarakat umum ataupun anak-anak untuk bisa belajar pertanian modern.

Penulis : Royce Octa Biaggy Budiman
Editor : Nanda Defi Anita & Isnin Yulia A. R.
DPL : Kusuma Wardhani Masudah.S.Si.,M.Si
PIC : Eka Restu Justitian.S.Kom

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan