Mohon tunggu...
Kelompok 98
Kelompok 98 Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) UPN "VETERAN" JAWA TIMUR Kelompok 98 Desa Kebondalem

"Meningkatkan Potensi Desa Kebondalem melalui Pengembangan UMKM dan Ekonomi Kreatif" Skema Desa Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pembuatan dan Pemasangan Plang sebagai Bentuk Kenang-kenangan KKNT 98

6 Juli 2022   23:58 Diperbarui: 7 Juli 2022   00:29 170 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mahasiswa KKNT 98 bersama pemilik UMKM Tiga Putri setelah memasang plang UMKM. Dokpri

Kelompok KKNT 98 UPNVJT memberikan kenang-kenangan berupa plang UMKM dan penunjuk arah Dusun Desa Kebondalem. Plang UMKM yang dimaksud ialah plang penunjuk arah dan identitas dari UMKM. Serta plang penunjuk arah dusun untuk membantu masyarakat umum mengetahui arah atau letak setiap dusun.  

Plang UMKM hanya diberikan kepada dua UMKM dari empat UMKM binaan kelompok 98, yaitu UMKM kerupuk open 3 putri dan 3 putra. Karena dua UMKM tersebut belum memiliki plang identitas.

Mahasiswa KKNT 98 bersama pemilik UMKM Tiga Putra setelah memasang plang UMKM. Dokpri
Mahasiswa KKNT 98 bersama pemilik UMKM Tiga Putra setelah memasang plang UMKM. Dokpri

Pembuatan plang UMKM bersamaan dengan pembuatan plang penunjuk arah dusun yang berbahan dasar kayu. Membutuhkan waktu hampir satu minggu untuk membuat tiga plang yang berbeda. Pembuatan plang dikerjakan secara bersama-sama, mulai dari membeli kayu, memotong, mengecat, hingga pemasangan plang. 

Pemasangan plang dilakukan pada tanggal 21 juni 2022 untuk plang UMKM, sedangkan plang penunjuk arah dusun pada tanggal 23 juni 2022. Plang UMKM diletakkan di dekat rumah produksi yang tetap terlihat oleh masyarakat umum. Plang penunjuk arah dusun diletakkan di pertigaan jalan dekat Balai Desa Kebondalem, agar terjangkau dan terlihat oleh masyarakat.

Proses pembuatan plang penunjuk arah dusun. Dokpri
Proses pembuatan plang penunjuk arah dusun. Dokpri

Pembuatan dan pemasangan plang UMKM dan penunjuk arah dusun memberikan respon positif dari pelaku usaha dan warga setempat. "Terimakasih sudah diberi plang baru, biar semua orang tahu kalau disini produksi kerupuk open," ujar Ibu Nurrochmah selaku pemiliki UMKM 3 putra. 

"Kami senang plang penunjuk arah buatan KKN kalian bagus, kita hormati pemberian kalian semua," pungkas salah satu warga sekitar plang penunjuk arah. Harapan kelompok 98 dengan adanya plang ini dapat memberikan kenang-kenangan agar kelompok KKN 98 tetap diingat oleh masyarakat Desa Kebondalem sampai kapanpun.

Mahasiswa KKNT 98 setelah memasang plang penunjuk arah dusun. Dokpri
Mahasiswa KKNT 98 setelah memasang plang penunjuk arah dusun. Dokpri

Penulis: Nanda Defi Anita
Editor : Zahra Almira N.A & M. Radif Ashabi
PIC : Eka Restu Justitian.S.Kom
DPL : Kusuma Wardhani Mas'udah. S.Si., M.Si

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan