Mohon tunggu...
Kel27KKNRDR77
Kel27KKNRDR77 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Kelompok 27 KkN RDR77 UIN Walisongo Semarang

KKN RDR 77 Kelompok 27 UIN Walisongo Semarang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Dari Pemuda untuk Bangsa

18 November 2021   21:02 Diperbarui: 18 November 2021   21:06 33 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Penulis: M. Rizki Pratama

Anggota kelompok 27

KKN RDR 77 UIN Walisongo

Indonesia adalah sebuah negara yang telah merdeka sejak tahun 1945. Pencapaian itu tentu tidak didapatkan dengan mudah, banyak pengorbanan yang dilakukan para pejuang bangsa demi sebuah kata merdeka. Seluruh kontribusi rakyat terutama peran para pemuda terdahulu sangat menentukan kemerdekaan bangsa ini. 

Masa demi masa terus berjalan, dimana segala aspek semakin maju. Seluruh negara yang ada di dunia saling bersaing menunjukkan pencapaiannya dari berbagai bidang. Indonesia yang tercatat masih menjadi negara berkembang harus memikul perkembangan-perkembangan tersebut.

Sebagai pemuda yang merupakan generasi penerus bangsa, memiliki peranan penting dalam meningkatkan martabat bangsa. Khususnya di era milenial seperti sekarang ini para pemuda diharapkan mampu mendongkrak kualitas bangsa dari berbagai karyanya sehingga mampu bersaing dengan bangsa lain. 

Pemuda juga dituntut mampu mengubah kesadaran masyarakat yang seharusnya tertanam nilai-nilai positif bangsa, seperti mengubah sikap masyarakat yang keliru terhadap sesuatu serta norma-norma yang ada di masyarakat dapat berjalan dengan semestinya. Sebagai pemuda yang memiliki semangat tinggi dan pemikiran kritis diharapkan dapat mencapai ekspetasi tersebut.

Selanjutnya, para pemuda juga harus dapat mempertahankan identitas bangsa terhadap perubahan-perubahan dari masa ke masa serta berperan dalam berbagai aspek baik pendidikan, sosial, ekonomi dan politik. 

Semangat nasionalisme dalam diri pemuda juga harus terikat erat, sehingga dalam implementasinya pemuda memiliki rasa cinta tanah air yang tinggi. Tidak jarang pada masa sekarang ini ada beberapa hal yang perlu dikoreksi dalam diri pemuda, diantaranya kurang toleran terhadap perbedaan, mudah terprovokasi oleh suatu pihak dan memiliki sikap acuh tak acuh terhadap sekitarnya. Padahal sebagai pemuda yang dicap sebagai agen dari perubahan tentunya hal ini tidak mencerminkan pribadi pemuda bangsa Indonesia.

Pemuda Indonesia juga harus berusaha maraih cita-cita bangsa yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia. Karena nasib bangsa di masa depan sebagian besar tergantung bagaimana para pemuda merealisasikannya. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan