Mohon tunggu...
khezia nabiil
khezia nabiil Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Halo semuanya,perkenalkan nama saya Khezia Nabiil biasa di panggil khez,saya seorang mahasiswa Unesa prodi ilmu komunikasi tahun 2022.Dalam dunia menulis ini merupakan hal baru bagi saya,kalau ada yang kurang atau salah dari tulisan saya mohon dimaafkan yaa hehe terima kasih.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Simak Yuk Sejarah Bahasa Indonesia

11 September 2022   18:52 Diperbarui: 11 September 2022   18:57 75 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Sejarah bahasa Indonesia

Kata 'Indonesia' sendiri diucapkan pertama kali oleh seseorang bernama George Samuel Earl,dia adalah seorag pria berkebangsaaan Inggris,dia melontarkan kata 'Indunesia' sebagai julukan gugusan pulau di Lautan Hindia.Akan tetapi para ilmuwan berkebangssan Eropa  lebih sering menjuluki dengan kata 'Melayunesia'.

Dalam majalah Journal of the Indian Archipelago and Eastern Asia (Volume IV,p.254,tahun 1850) J.R.Logan seorang tokoh Inggris menyebut deretan pulau di lautan Hindia dengan kata 'Indonesian'.

Seiring berjalannya waktu ada seorang tokoh bernama Adolf Bastian dia seorang pria berkebangsaaan Jerman dan di dalam buku karyanya yang berjudul Indonesian Order die Inseln des Malaysichen Archipe ia menyatakan bahwa kata'Indonesia' untuk memberi nama gugusan pulau yang berada di Lautan Hindia.Seperti yang kita ketahui kata 'Indonesia' sekarang dipakai untuk nama sebuah negara di Asia Tenggara dan memiliki penduduk lebih dari 220 juta jiwa .

Indonesia adalah sebuah negara di Asia Tenggara dan termasuk dalam kategori negara berkembang.Letak geografis Negara Indonesia yang terdiri dari beberapa pulau dan dipisahkan oleh lautan,hal ini mengakibatkan Indonesia memiliki banyak sekali perbedaan di dalamnya. Adanya perbedaan dalam budaya maupun dalam bahasa menjadi sebuah keunikan tersendiri bagi Negara Indonesia.

Jika ditinjau dari sudut pandang historis Negara Indonesia,bahasa Indonesia merupakan adopsi dari prototipe bahasa Melayu.

Bahasa Melayu sendiri adalah salah satu bahasa daerah yang ada di Indonesia.Bahasa Melayu sendiri telah dipakai sebagai bahasa perantara atau bahasa pergaulan selama ratusan tahun sebelumnya di seluruh penjuru tanah air.

Saat di masa perjuangan kemerdekaan,tentu saja bangsa Indonesia memerlukan adanya alat pemersatu dalam berkomunikasi anatar suku bangsa di Indonesia.

Sumpah Pemuda adalah peristiwa ditetapkannya bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional.Tujuan dari lahirnya bahasa Indonesia dalam peristiwa Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 yaitu agar bangsa Indonesia mempunyai bahasa persatuan yang dapat mempersatukan bangsa Indonesia yang dilatar belakangi  adanya keberagaman bahasa daerah .

Tercatat dalam sejarah Indonesia ada berbagai batu prasasti yang ditemukan contohnya

1.Prasasti Talang Tuo di Palembang tahun 684

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan