Mohon tunggu...
Keisha ShalihahAlliya
Keisha ShalihahAlliya Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

saya seorang mahasiswa semester 3 di perguruan tinggi negeri jakarta

Selanjutnya

Tutup

Parenting

Cegah Diabetes Dini dengan Mengenali Gejala Diabetes

3 Oktober 2023   12:11 Diperbarui: 3 Oktober 2023   12:15 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Aktris Cilik Meninggal Dunia di Usia Mudanya Karena Diabetes Tipe 1

JAKARTA -- Aktris cilik Matthew White meninggal dunia dalam usia 12 tahun. Matthew wafat pada Ahad (23/1/2022) setelah menjalani perawatan di rumah sakit karena penyakit diabetes yang dideritanya. "Memang Matthew terlihat sering bolak-balik check up ke rumah sakit, dan bisa dibilang terakhir kali Matthew terlihat sangat drop sehingga tidak ketolong," kata Vinki Hanafi, manajemen artis yang menaungi Matthew, saat dihubungi Republika.co.id, Selasa (25/1/2022).

Dalam keterangannya terdahulu, Prof Dr dr Aman Bhakti Pulungan SpA(K) menjelaskan, diabetes tipe 1 adalah tipe diabetes yang yang lebih sering terjadi pada anak-anak dan remaja. Namun, diabetes tipe 1 juga terkadang bisa menyerang bayi, balita, dan orang dewasa. Pada kasus diatas, diketahui seorang anak muda meninggal karena terkena diabetes. Kejadian tersebut menunjukkan kepada masyarakat akan pentingnya mengetahui dan mengenali gejala gejala diabetes dini.

Diabetes adalah sebuah penyakit metabolik kronis yang ditandai dengan hiperglikemia persisten yang disebabkan oleh gangguan sekresi insulin resistensi terhadap kerja insulin perifer, atau keduanya. Diabetes banyak diderita orang dewasa, tetapi anak dan remaja juga dapat mengidap penyakit ini. Diabetes/Diabetes Mellitus dibagi menjadi 2 subtipe utama, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Diabetes tipe 1 adalah diabetes yang sering menjangkiti anak anak dan remaja. Diabetes tipe 1 adalah kondisi medis dimana kadar gula dalam darah yang melebihi batas normal dan diakibatkan oleh tubuh tidak mampu/sedikit menghasilkan hormon insulin secara optimal. Insulin ini merupakan hormon yang berperan dalam mengubah penyerapan glukosa untuk masuk ke dalam sel-sel tubuh. Diabetes tipe 1 adalah jenis penyakit autoimun yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh menyerang sel beta pada organ tubuh penghasil insulin, yaitu pankreas.

Oleh sebab itu, orang tua harus mengetahui gejala dasar diabetes sejak awal. Gejala diabetes pada umumnya hampir sama pada semua tipenya. Seperti, sering haus dan buang air kecil, nafsu makan meningkat, berat badan menurun, munculnya luka atau infeksi yang sulit untuk sembuh, dan masih banyak gejala umum lainnya.

Kesimpulan
Penekanan pada Gejala Diabetes: Berita ini menekankan pentingnya mengenali gejala diabetes, termasuk haus berlebihan, sering buang air kecil, peningkatan nafsu makan, penurunan berat badan yang tidak diinginkan, dan kesulitan penyembuhan luka. Mengetahui gejala-gejala ini dapat membantu dalam diagnosis dini.
Pentingnya Kesadaran tentang Diabetes: Berita ini juga mencoba meningkatkan kesadaran tentang diabetes, khususnya pada anak-anak dan remaja, serta pentingnya perawatan medis yang tepat. Masyarakat harus lebih sadar akan gejala diabetes dan mencari bantuan medis jika diperlukan.
Pesan Kehati-hatian: Berita ini memberikan pesan penting tentang betapa seriusnya diabetes tipe 1 dan dampaknya pada anak-anak. Ini adalah pengingat kepada orang tua dan keluarga untuk selalu memantau kesehatan anak-anak mereka dan berkonsultasi dengan dokter jika ada gejala yang mencurigakan.
 

Daftar Pustaka
https://ameera.republika.co.id/berita/r69cfd414/kondisi-aktor-cilik-matthew-white-drop-sebelum-wafat-mengapa-anak-bisa-kena-diabetes
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK513253/
https://www.alodokter.com/diabetes-pada-anak-penyebab-risiko-dan-gejala#:~:text=Anak%20yang%20menderita%20diabetes%20mungkin,jumlah%20atau%20porsi%20yang%20besar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun