Mohon tunggu...
SURYO BUDI TRIAWAN
SURYO BUDI TRIAWAN Mohon Tunggu... Guru - mengalirlah seperti air tapi tetap kuat seperti karang yang menjulang di tengah laut

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. , Learning, dan PTK. Suryo adalah Guru otomotif tkr Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 0877 8968 6800 email : kebonjeruksmk3@gmail.com Kreator: SURYO_EDUCATION Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas. Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Kipas Radiator: Fungsi dan Penyebab Kerusakan

30 Januari 2023   08:28 Diperbarui: 30 Januari 2023   08:34 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di dalam radiator yang kuat terdapat kipas yang berputar normal adalah sebuah gambaran pada sisitim pendingin yang optimal ketika terdapat kerusakan pada area kipas ini maka cukup riskan terjadi overhead pada kendaraan. 

Kipas radiator atau fan adalah komponen yang memiliki fungsi untuk mengalirkan udara masuk kedalam mesin melalui kisi kisi pada radiator yang selanjutnya akan mendinginkan sirkulasi air pada radiator menuju mesin dan bersirkulasi kembali ke udara luar yang selanjutnya menyerap panas pada kendaraan 

Sebagai pemilik kendaraan kita di tuntut mengetahui apa saja fungsi dan cara kerja serta mengetahui apa saja yang mengakibatkan kerusakan pada area pendingin ini.

Yuk kita simak jenis fan atau kipas ada dua jenis yaitu manual fan dan elektrik fan. Mungkin masih bingung dengan kedua fan yah, ok kita pelajari. 

Satu satu untuk manual fan adalah sistim pendingin fan yang di gerakan oleh poros engkol sedangkan untuk elektrik fan di gerakan langsung oleh motor listrik yang ketika panas berlebih akan otomatis menyala.

Dari gambaran di atas bisa kita sedikit ambil kesimpulan untuk masing masing jenis fan memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing yah dan cara kerjanya untuk elektrik fun dapat disimpulkan mampu mengefisien beban kerja pada mesin karena pully tidadk terbebani oleh fan.

Lalu apa saja yang merusak komponen fan pada radiator?

Visco fan rusak 

Apa itu visco adalah komponen di dalam fan yang berfungsi untuk memutar fan dengan kecepatan apabila komponen pada visco ini rusak maka akan trobel , adapun cara kerjanya tergantung pada putaran mesin jika mesin berada pada suhu rendah maka visco akan selip sehingga kipas berpuitar sangat lambat 

Dan begitu juga dengan sebaliknya ketika mesin pada suhu tinggi maka putaran akan semakin kencang dan kemungkinan tergelincirnya fan akan sangat bermasalah

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun