Mohon tunggu...
Kheya Athalla
Kheya Athalla Mohon Tunggu... Penulis - -

-

Selanjutnya

Tutup

Money

FORW, Business Model Canvas

29 Mei 2019   23:51 Diperbarui: 30 Mei 2019   01:21 452
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

FUTURE DEVELOPMENT

BAB I
PENDAHULUAN

FORW. Sebuah bisnis ritel gerakan ramah lingkungan yang berfokus pada alas kaki berbahan dasar sustainable kulit, ini adalah misi kami untuk menghadirkan sustainable fashion bagi semua orang dan kami menempatkan keberlanjutan sebagai inti dari semua yang kami lakukan. Kami berinvestasi dalam infrastruktur bangunan ramah lingkungan untuk meminimalkan limbah, air, dan jejak kaki energi kami. Dengan memberikan pelatihan di tempat kerja dan peluang untuk pertumbuhan, kami juga berinvestasi pada orang-orang yang memungkinkan revolusi ini.

Inti dari merek kami adalah produk itu sendiri, kami berharap bahwa produk berbicara untuk dirinya sendiri, dari kisah yang diwakilinya hingga perjalanan pembuatannya. Proses desain dimulai dengan kami memikirkan apa yang benar-benar ingin kami kenakan saat ini dan bagaimana itu akan mewakili orang yang memakainya. Kemudian kami mencari bahan yang paling indah dan berkelanjutan untuk membuat desain itu hidup.

Bagaimana kita bisa menyebut diri kita berkelanjutan? Apa faktanya? Setiap langkah dari jalur produksi kami pastikan untuk meminimalkan limbah yang diproduksi, dari kain yang kami gunakan seperti kapas daur ulang, kapas organik, linen, dan benang yang terbuat dari pakaian lama dan limbah kain. Untuk menjaga rantai pasokan kami berkelanjutan, kami memastikan pemasok kami memperhatikan standar sosial dan lingkungan dengan serius. Dengan sumber secara lokal bila memungkinkan, kami meminimalkan dampak lingkungan dan memastikan tidak ada tenaga kerja tidak adil atau tidak aman yang digunakan untuk membuat pakaian kami.

Langkah selanjutnya adalah dimana kami menjalankan bisnis kami, tempat untuk produksi dan di mana kami akan menjualnya. Ini adalah misi kami untuk merancang tempat dan penyimpanan yang inovatif dan ramah lingkungan. 

Kami menggabungkan material seperti perlengkapan LED, rammed earth, isolasi kain daur ulang, memastikan keberlanjutannya. Di mana kami akan menjual produk? Rata-rata, e-commerce menggunakan lebih sedikit energi daripada ritel tradisional. Berita baik karena sebagian besar pelanggan kami menggunakan situs online kami untuk melakukan pembelian. Kami memastikan pada akhir produksi yang panjang ini, dan ketika produk itu sendiri mencapai pembeli kami, semakin sedikit limbah yang diproduksi, tetapi Zero waste adalah tujuan kami.

BAB II
Business Model Canvas

Business Model Canvas adalah sebuah model bisnis gambaran logis  mengenai bagaimana sebuah organisasi menciptakan, menghantarkan dan menangkap sebuah nilai (Osterwalder,  2010).  Canvas ini membagi business  model  menjadi  9  buah  komponen utama, kemudian dipisahkan  lagi  menjadi komponen kanan (sisi kreatif) dan  kiri (sisi logika).  Persis  seperti  otak  manusia.  Ke sembilan komponen yang ada tersebut adalah sebagai berikut, (diurut dari  kanan ke kiri) Customer Segment, Customer Relationship, Customer  Channel, Revenue Structure, Value Proposition, Key Activities, Key  Resource, Cost  Structure, dan Key Partners.

Customer Segments
Customer segments adalah kelompok target konsumen yang akan kita tentukan untuk menjadi pelanggan kita. Pelanggan merupakan inti dari suatu bisnis, karena tanpa adanya pelanggan maka perusahaan kita tidak dapat berjalan ataupun bertahan. Dalam upaya memuaskan pelanggan, perusahaan perlu mengelompokkan pelanggan ke dalam beberapa jenis segmen yang berbeda-beda sesuai dengan kesamaan kebutuhan, perilaku, keinginan dan atribut lainnya. Jenis segmen pelanggan yang telah kami tetapkan adalah niche market. 

Pada jenis segmen ini, kami menawarkan produk yang spesifik dan terspesialisasi, produk kami ditujukan untuk kedua gender, perempuan dan laki-laki dewasa dengan penghasilan menengah keatas dikarenakan saringan dari harga dari produk kami yang tergolong niche.

Kami memahami bahwa orang yang tertarik dengan produk kami mengetahui visi kami dan memiliki tujuan yang sama kami miliki dalam menyelamatkan lingkungan dengan menjadi sustainable conscious. 

Dengan menambahkan nilai tertentu itu datang dengan harga lebih dengan catatan bahwa setiap rupiah yang mewakili produk menghitung setiap keringat dan tenaga kerja yang dimasukkan ke dalam produksi tetapi juga dampak masing-masing garmen terhadap lingkungan. Dengan cara ini kita semua dapat melihat total biaya sehingga kami dapat membuat pilihan yang diberdayakan, dan kami dapat terus menciptakan solusi yang lebih baik ketika membuat pakaian. Dengan informasi ini dibagikan kepada pelanggan kami dengan harapan orang memahami nilai kami, mereka akan bersedia untuk membelinya.

Value Proposition
Newness
Pada Value Proposition kami memfokuskan pada nilai yang diberikan kepada pelanggan, apa yang bisa kami tawarkan dari produk yang menjadi nilai tambahan daripada produk lain yang sudah ada di pasar sehingga menghasilkan keunggulan kompetitif. Alas kaki mewakili sekitar 1/5 dari total dampak industri pakaian jadi dan hampir 1/4 dampak iklim. 97% dampak sepatu terjadi selama pemrosesan dan pembuatan bahan, jadi di situlah kami memusatkan perhatian kami sustainability. Nilai newness atau sifat baru terdapat pada produk kami produk sepatu dan sandal yang diproduksi dengan material-material sustainable seperti chrome-free leather, yang membedakan kulit leather ini dari yang lain adalah sebagian besar kebanyakan kulit disamak menggunakan kromium yang menghasilkan limbah beracun. 

Chrome-free leather menggunakan yang disebut penyamakan aldehida. Selain itu juga terdapat material-material lain seperti kapas daur ulang, kapas organik, linen, dan benang yang terbuat dari pakaian lama dan limbah kain  

Chic and Comfort
Desain yang dipilih untuk menjual produk kami disesuaikan pada perhatian target audiens yang telah kami tetapkan. Proses desain dimulai dengan kami memikirkan jenis sepatu apa yang benar-benar ingin dikenakan orang sekarang. Kami sumber material yang paling indah dan berkelanjutan yang memungkinkan untuk membuat desain itu hidup dengan cepat. 

Sebagian besar sepatu/sepatu sandal dirancang berbulan-bulan sebelum dirilis, tetapi di FORW sketsa dapat menjadi sepatu atau sandal dalam waktu sekitar satu bulan. Kami merancang dan membuat apa yang ingin pengguna kenakan saat ini. Kami percaya bahwa pakaian yang pas adalah bagian terpenting dari pakaian. Kami senang menginvestasikan waktu dalam menemukan pasangan yang cocok dan memastikan kenyamanan yang diprioritaskan.

Sustainability
Merupakan misi kami untuk menghadirkan apparel line yang berkelanjutan bagi semua orang. People, Planet & Profits adalah nilai inti, di mana kami memperlakukan semua orang di planet ini dengan hormat, percaya bahwa kami dapat berbuat lebih banyak dengan lebih sedikit, percaya bahwa perubahan iklim adalah masalah terbesar yang dihadapi planet ini, kami fokus pada keuntungan dan tahu mereka adalah kunci keberlanjutan FORW. Untuk mencapai semua visi itu, kami menempatkan keberlanjutan sebagai pusat dari semua yang kami lakukan. Ini adalah tujuan dan definisi yang berkembang, dan kami tidak memiliki semua jawaban. Tetapi kami ingin fokus pada upaya yang memiliki dampak terbesar.

Channels
Awareness
Pada tahap ini, perusahaan memulai meningkatkan kesadaran (awareness) pelanggan atas produk yang ditawarkan. Untuk memperkenalkan produk kita kepada publik, kami akan menggunakan media sosial seperti Instagram & Youtube untuk dalam bentuk konten visual mengenai produk yang kami tawarkan. Selain media sosial, kami juga mengandalkan Word of Mouth, dari pelanggan yang sudah membeli produk kami bisa lalu menyampaikan kepada pertemanan dalam ruang lingkupnya mengenai produk kami.

Evaluation
Tahap evaluation merupakan tahap dimana perusahaan akan membantu pelanggan untuk mengevaluasi proposisi nilai yang ditawarkan. Untuk meyakinkan pelanggan atas nilai yang ditawarkan dari produk FORW, kami akan menggunakan platform website dan sosial media sebagai wadah untuk menyalurkan konten beserta informasi lengkap mengenai produk kami. Informasi yang akan disampaikan melalui Instagram yaitu kelebihan dari produk survival kit kami dan juga perbandingan yang dilakukan atas pesaing-pesaing kami dalam bidang apparel line : sepatu dan sendal berbahan kulit. Untuk menunjukkan perbandingan antara produk FORW dengan produk lainnya, kami akan menekankan kelebihan-kelebihan dari produk kami bahwa produk SORA menekankan nilai chic, comfort, dan sustainability. Selain konten informatif berbentuk visual di Instagram, kami juga akan menyertakan link di Instagram dimana akan terdapat booklet dimana informasi lebih detail mengenai produk serta list pricing akan didapatkan pada booklet tersebut.

Purchase
Pada tahap ini, channel untuk memungkinkan pelanggan membeli produk yang ditawarkan akan ditetapkan. FORW akan menjual produk kami melalui saluran Online dan Offline. Penjualan yang dilakukan secara Online akan dilakukan melalui website kami di www.forw-ard.com, dimana proses transaksi pembelian akan dilakukan. Selain itu, FORW juga akan membuka penjualan secara Offline melalui local curated department store seperti GOODS Dept, Canva Living, dan Eco zest. Peran mereka dalam membantu bisnis kami adalah sebagai tempat pemasaran serta tempat jual yang dilakukan secara offline atau secara fisik di toko mereka masing-masing yang terletak di berbagai gerai di daerah Jabodetabek, selain dari toko fisik, masing-masing dari toko ini memiliki website ritel online sendiri dimana terdapat produk-produk yang mereka jual.
Delivery
Pada pembelian yang dilakukan secara online maka untuk menyampaikan produk kami kepada pelanggan, kami akan menggunakan jasa kurir yang menggunakan Real-Time Update dimana kurir akan memberikan pesan secara real time mengenai titik keberadaan produk dalam proses pengiriman. Berdasarkan penelitian yang sudah kami lakukan, jasa kurir yang kami gunakan untuk mengirimkan produk kami kepada pelanggan yaitu J&T dan NinjaVan Express.
Aftersales:
Tahap terakhir pada Channels bertujuan untuk menunjukkan bagaimana perusahaan memberikan dukungan purna jual kepada pelanggan. Dukungan aftersales yang kami lakukan yaitu adanya Customer Assistance dan Return Policy. Dukungan Customer Assistance merupakan bantuan yang dilakukan oleh kami kepada pelanggan apabila ada sebuah informasi yang perlu ditanyakan mengenai produk yang ditawarkan. Bantuan tersebut akan kami lakukan melalui website maupun email usaha bisnis kami. Selain itu, kami juga memberi dukungan purna jual dalam bentuk Return Policy yang akan dilakukan apabila produk yang diterima oleh pelanggan rusak atau cacat dalam proses pengiriman, untuk menangani permasalahan tersebut pelanggan dapat menukar balik produk yang cacat tersebut untuk produk baru. Return Policy berlaku hingga 3 hari setelah produk sampai ke konsumen.

Customer Relationship
Personal Assistance
Dalam customer relationship, kami bertujuan untuk membangun hubungan tidak hanya untuk mendukung keberlanjutan dari hubungan untuk melacak perjalanan pembelian dari pelanggan dan membantu mereka jika dibutuhkan, namun dengan fokus pada penekanan membangun hubungan kami dapat meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk, dengan cara melibatkan mereka dalam menciptakan nilai dalam produk. 

Kerjasama ini dapat menghasilkan pemahaman lebih dalam mengenai kebutuhan dan keinginan pelanggan dan mencapai kreasi maksimum dari produk yang sesuai dengan standar penjual serta pembeli. 

Kategori dari hubungan pelanggan kami adalah, pertama personal assistance dimana kami sebisa dan semaksimal mungkin membentuk hubungan melalui interaksi manusia untuk memperlihatkan bahwa proses bisnis kami tidak selesai disaat produk sampai pada tangan pelanggan, tapi kami secara personal ingin memastikan nilai yang kami tawarkan ditangkap oleh pelanggan. Usaha kami agar hal ini terwujud adalah penggunaan platform seperti website kami di www.forw-ard.com dan melewati sosial media seperti Direct Message Instagram, Line, dan Email untuk mempermudah pelanggan menghubungi kami jika ada pertanyaan, saran, komplain, maupun urusan lain yang ingin disampaikan.

Revenue Streams
Arus pendapatan dari usaha kami akan  berasal dari penjualan produk kami. Mekanisme harga yang kami tetapkan adalah Fixed Pricing dengan List Price, dimana harga daripada suatu produk sudah ditetapkan dan tidak bisa ada proses negosiasi.

Key Activities
Key activity merupakan kumpulan proses kegiatan yang terjadi di dalam suatu perusahaan. Key Activity didefinisikan sebagai aktivitas kunci yang menggambarkan hal-hal terpenting yang harus dilakukan perusahaan agar model bisnisnya dapat bekerja. Beberapa aktivitas inti yang dilakukan oleh usaha kami adalah:

Control of production and manufacturing
Tentunya dalam menjalankan usaha ini, kami menjalankan proses produksi serta mengatur proses manufaktur produk kami. Dalam proses produksi, dimulai dengan brainstorming mengenai dari design, material apa saja yang dapat digunakan, sampai titik penjelasan apa yang bisa disampaikan melalui penjualan produk. Setelah menentukan komponen-komponen tersebut, kami mencari supplier dan vendor yang dibutuhkan untuk proses produksi tersebut. Kami mulai mencari supplier untuk material bahan dari chrome free leather, chrome free suede, organic cotton canvas, dan lainnya. Kami juga mencari vendor untuk membuat kertas daur ulang untuk packaging kami. Setelah menemukan semua supplier dan vendor yang dibutuhkan, kami memulai proses manufacturing produk.

Product and packaging design
Kemasan kami bebas plastik dan terbuat dari 100% produk kertas daur ulang dan film berbasis bio kompos. Tas pakaian kami terbuat dari plastik daur ulang dan selalu digunakan kembali. Itu yang terbaik yang bisa kami temukan, tetapi kami ingin itu menjadi lebih baik. Kemasan kami juga termasuk bahan yang dengan mudah dapat menjadi 100% kompos. Itu pada dasarnya berarti ia akan hancur dan sepenuhnya kembali ke Bumi seperti sampah organik, tidak meninggalkan bahan kimia beracun.

Creating a branding strategy
Kami juga merencanakan konsep dan strategi branding yang akan digunakan oleh usaha kami. Brand FORW menawarkan konsep sustainability and to bring awareness that bidang fashion adalah industri yang paling mencemari ketiga di dunia, dan salah satu konsumen air terbesar. Membuat kain ataupun material menggunakan air, energi, bahan kimia, dan sumber daya lain yang tidak terpikirkan oleh  kebanyakan orang. Kami berpendapat perubahan iklim itu nyata dan industri fashion tidak membuatnya lebih baik. Bergerak di dunia fashion memicu krisis iklim global ini, dengan usaha kami membangun brand FORW, berharap akan menciptakan sedikit perbedaan dan membuka percakapan tentang bagaimana industri ini bekerja dan membuat orang lain merasa sedang melakukan sesuatu untuk menciptakan gerakan perubahan untuk dunia yang lebih baik.

Marketing and promotion of the product
Setelah menetapkan strategi branding, kami pun melakukan perencanaan atas promosi dan marketing yang akan dilakukan. Strategi marketing kami dilakukan melalui social media dan word-of-mouth. Nilai-nilai yang ditawarkan oleh brand FORW akan kami salurkan melalui promosi di berbagai media sosial kami seperti instagram dan youtube. Dalam akun instagram, kami akan menyediakan katalog produk yang dapat dilihat oleh konsumen sehingga mereka mengetahui persis produk-produk apa saja yang ada serta penjelasan apa yang diwakilinya. Selain melakukan promosi melalui media sosial, kami juga akan bekerja sama dengan para micro influencer dengan cara mengirimkan produk kami kepada mereka untuk mereka post dan review di media sosial mereka.

Manage website, online orders and the distribution of the product
Dalam mengelola usaha, kami juga perlu mengatur penjualan kami yang dilakukan secara online melalui media sosial yaitu instagram. Konsumen dapat melakukan pemesanan produk melalui website kami dan kemudian pemesanan-pemesanan tersebut akan kami data dan proses lebih lanjut. Pembayaran dapat dilakukan menggunakan sistem transfer bank untuk memudahkan para konsumen. Pendistribusian produk akan dilakukan melalui jasa kurir seperti J&T dan Ninja Van. Dengan menggunakan jasa kurir ini kami dan konsumen akan mendapatkan Real-Time Update, dimana kurir akan memberikan pesan secara real time mengenai titik keberadaan produk dalam proses pengiriman.

Key Resources
Sumber Daya Utama yang menjadi kunci jalannya bisnis kami, dibagi menjadi empat jenis, yang pertama physical yaitu vendor untuk bahan-bahan packaging, dan kedua adalah human resources yaitu orang-orang yang bekerja dibalik pembuatan produk seperti penjahit, kurir pengantar barang dan kontribusi langsung dari kami para owner FORW dalam sebagian besar aktivitas yang dijalanan. Ketiga adalah financial, sumber daya keuangan kami merupakan startup cost dari owner FORW sendiri sebagai initial investment. Keempat adalah sumber daya intellectual yaitu penggunaan media sosial untuk menyalurkan brand identity dan brand story dari produk FORW.

Key Partners
Key Partners menggambarkan jaringan pemasok dan mitra utama yang bekerja sama dengan perusahaan agar Model Bisnis dapat berfungsi dan berjalan dengan lancar. Kami melakukan 2 jenis kemitraan dalam bentuk Buyer-Supplier Relationships to Assure Reliable Supplies dan Strategic Alliance Between Non-Competitor. Hubungan buyer-supplier dilakukan untuk menjamin pemasok bahan yang dapat diandalkan, diantaranya yaitu pemasok untuk bahan utama material kulit dari chrome free leather, chrome free suede, organic cotton canvas, dll serta bahan-bahan packaging. Hubungan Strategic Alliance Between Non-Competitor dibangun untuk mendukung penjualan dari produk yang kami tawarkan. 

Bentuk aliansi strategis dengan non-competitor yang kami lakukan adalah Influencer Endorsement, dimana kami memberikan produk kami kepada Micro-Influencer utama di media sosial dengan tujuan meningkatkan awareness mengenai produk kami dan juga meningkatkan penjualan, selain itu membangun partnerships dengan local curated department store seperti GOODS Dept, Canva Living, dan Eco zest. 

Peran mereka dalam membantu bisnis kami adalah sebagai tempat pemasaran serta tempat jual yang dilakukan secara offline atau secara fisik di toko mereka masing-masing yang terletak di berbagai gerai di daerah Jabodetabek, selain dari toko fisik, masing-masing dari toko ini memiliki website ritel online sendiri dimana terdapat produk-produk yang mereka jual.

Cost Structure
Struktur biaya menjelaskan biaya-biaya yang paling penting dan paling mahal dalam bisnis model FORW. Biaya terpenting yang kami maksud adalah biaya yang dikeluarkan dalam key activities kami untuk menciptakan dan memberikan nilai (value proposition), mempertahankan hubungan pelanggan (customer relationship), menghasilkan pendapatan (revenue). Kami membagi struktur biaya menjadi tiga, yang pertama production. 

Dalam bagian produksi, biaya yang paling mahal dan paling penting adalah material bahan kulit yang digunakan sebagai bahan utama dalam produk. Untuk mengatur persediaan bahan baku, biaya ini harus dikeluarkan oleh FORW dengan metode JIT Inventory Management untuk menghemat waktu dan biaya produksi dalam pengiriman dan penerimaan bahan baku produksi dari supplier ke tangan kami. Kedua adalah biaya operation yang dilakukan mulai dari pemotongan bahan, penjaitan material, penggabungan bahan-bahan, hingga menjadi suatu produk yang siap dijual.  

Ketiga adalah marketing yaitu biaya pemasaran yang menyangkut endorsement kepada micro-influencer. Biaya ini merupakan tanggungan kami karena produk kami akan kami berikan secara gratis dan bersyarat kepada orang-orang dengan engagement yang tinggi dalam penyebaran informasi peer-to-peer serta word-of-mouth.

BAB III
PENUTUP

Kami berharap dengan membangun brand FORW,  melalui visi kami untuk memimpin & menginspirasi cara berkelanjutan untuk menjadi modis, berinvestasi di masa depan, dan mengambil risiko untuk memecahkan masalah sulit, tidak hanya bermanfaat bagi diri kami sebagai tim, tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat di sekitar kami. Kami berpedapat perubahan iklim itu nyata dan industri fashion tidak membuatnya lebih baik. 

Bergerak di dunia fashion memicu krisis iklim global ini, dengan usaha kami membangun brand FORW, berharap akan menciptakan sedikit perbedaan dan membuka percakapan tentang bagaimana industri ini bekerja dan membuat orang lain merasa sedang melakukan sesuatu untuk menciptakan perubahan untuk dunia yang lebih baik. Kami mendorong keberlanjutan ke depan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun