Mohon tunggu...
Kayla Anastasia
Kayla Anastasia Mohon Tunggu... Lainnya - pelajar

mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Acara Bookweek Tahun 2023

17 Februari 2023   13:52 Diperbarui: 17 Februari 2023   13:59 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apakah kalian termasuk orang yang gemar membaca? Jika iya, pasti acara yang saya akan sampaikan kepada kalian bakal menarik nih! Apa ya acaranya? Jadi, seperti judul artikel ini nama acaranya adalah Bookweek atau dalam Bahasa Indonesianya adalah Pekan Buku.

Bagi yang tidak pernah mendengarnya, Bookweek adalah sebuah acara tahunan di sekolah saya yang melibatkan seluruh siswa dan karyawan sekolah untuk membaca. Tahun ini, buku yang terpilih sebagai tema adalah "The Miraculous Journey of Edward Tulane" Acaranya diadakan pada tanggal 13-17 Februari. Di dalam acara ini, ada beberapa kegiatan sebagai berikut.

Kegiatan pertama yaitu yang utama adalah SSR atau "Sustained Silent Reading". Ini adalah kegiatan dimana seluruh warga sekolah membaca buku selama 15 menit. Kegiatan SSR ini diadakan pada tanggal 13-16 Februari. Untuk kelas kecil mereka hanya membaca selama 2 kali sehari. Sedangkan kalau kelas besar mereka membaca selama 3 kali sehari. Di jam-jam tertentu, sekolah akan membunyikan bel yang menandakan waktunya untuk membaca.

Kemudian kegiatan kedua ada yang disebut "Reading Aloud & Reading Response". Disini, untuk departemen junior, guru akan membacakan buku "The Miraculous Journey of Edward Tulane" kepada siswa. Lalu siswa akan membuat tanggapan terhadap cerita yang dibacakan. Hal yang sama dilakukan oleh deparemen senior, bedanya disini guru tidak membacakannya untuk murid tapi murid membaca secara mandiri. Kegiatan ini dimulai pada tanggal 6 Februari sampai 17 Februari.

Lalu, kegiatan ketiga adalah "Book Fair". Ini adalah sebuah pameran buku yang dilaksanakan pada tanggal 13-17 Februari. Book Fair ini bisa menjadi kesempatan bagi para murid yang ingin membeli buku tapi jarang untuk keluar rumah. Pameran yang kali ini bekerjasama dengan beberapa vendor atau took buku yaitu: Books & Beyond, Gramedia, dan juga Periplus. Nantinya, siswa  bisa  mengunjungi booth sesuai dengan jadwal kunjungan yang diberikan. Yaitu, bisa saat lunch, break atau pulang sekolah.

Terakhir, kegiatan yang paling saya tunggu-tunggu dan menurut saya paling menarik adalah "Culminating Activity". Acara ini dilaksanakan pada tanggal 17 Februari 2023. Di hari yang terakhir ini, pembelajaran akan ditiadakan selama sehari. Pada hari itu, akan ada beberapa games dan drama performance, jadi pasti seru!

"Saya telah mengalami setidaknya 10 acara Bookweek sejak saya berada di sekolah selama 13 tahun sekarang. Saya selalu merasa diberkati untuk mendengar tentang moral yang dapat saya ambil dari setiap cerita. Tetapi bookweek terbaik bagi saya adalah yang tentang Narnia (pernah menjadi tema yang terpilih). Saya pikir sangat penting bagi sekolah untuk mendorong kita para murid untuk menghargai sastra. Jadi, saya akan mengatakan Bookweek itu penting & cukup menyenangkan juga karena kita bisa bermain dan melihat dekorasi pendukungnya yang bagus." Ujar teman sekelas yang saya wawancarai.

Jadi, sebenarnya tujuan dari acara Bookweek ini adalah untuk menanamkan budaya baca kepada seluruh warga sekolah, meningkatkan dan memelihara minat membaca siswa, dan membantu siswa memahami sebuah literatur dalam perspektif God's Story, yaitu melihat kisah Allah dalam kehidupan.

Semoga artikel tentang Bookweek ini bisa bermanfaat dan menghibur kalian ya!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun