Mohon tunggu...
Kautsar Ramadhan
Kautsar Ramadhan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Teknik Kimia yang suka Komedi, Psikologi, dan Pengetahuan Umum

Tips Psikologi | Pengetahuan Umum | My Story

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Menemukan Tuna Sirip Biru di Lautan Atlantik

24 Juni 2021   16:00 Diperbarui: 24 Juni 2021   16:34 178 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menemukan Tuna Sirip Biru di Lautan Atlantik
Ikan Tuna Sirip Biru yang Ukurannya dapat mencapai ukuran Manusia dewasa (sumber gambar : sulsel.idntimes.com )

Menemukan Tuna Sirip Biru, ikan terberat di laut

Hewan Apa yang berukuran sebesar beruang kutub, menelan mangsanya secara utuh, dan berenang dengan kecepatan 40 mil per jam? Hewan Ini bukan hiu atau paus pembunuh. dia adalah tuna sirip biru Atlantik. Spesies Yang terbesar dan berumur paling lama dari 15 spesies tuna, Tuna sirip biru Atlantik memiliki serangkaian adaptasi unik yang menjadikannya salah satu predator paling dominan di lautan.

Kehidupan tuna sirip Biru dimulai sebagai bayi ikan dari telur yang berukuran sangat kecil di Teluk Meksiko atau Laut Mediterania, ukurannya tidak lebih besar dari bulu mata manusia. 

Dalam tahun pertama kehidupannya, ia mengembangkan sesuatu yang dikenal sebagai endotermi regional yaitu kemampuan untuk mengatur suhu tubuhnya. Tuna Sirip biru Atlantik mendapatkan oksigen dari air laut yang dingin menggunakan insangnya.

Proses ini mendinginkan darahnya. Kemudian, panas ikan tuna dihasilkan dari berenang dan berburu untuk menghangatkan darah. Pada kebanyakan ikan, panas ini akan hilang kembali ke laut melalui insang. Tetapi pada Tuna sirip biru Atlantik, mekanisme yang disebut pertukaran arus berlawanan memerangkap panas.

Darah dingin dalam perjalanan sirkulasinya menuju ke otot-otot sirip besar merupakan darah hangat yang meninggalkan otot-otot sirip dalam jaringan pembuluh darah khusus yang dikenal sebagai rete mirabile. Di sini panas tersirkulasi ke darah dingin dan tetap berada di dalam tubuh. Hal ini membuat Tuna sirip biru menjadi salah satu dari sedikit ikan berdarah panas.

Hal ini merupakan sebuah keuntungan besar di lingkungan laut. Hewan berdarah dingin yang suhu tubuhnya bergantung sepenuhnya pada lingkungan menjadi lamban di perairan yang lebih dingin. Tetapi kemampuan sirip biru untuk tetap hangat berarti memiliki penglihatan yang lebih tajam, dapat memproses informasi dengan lebih baik, dan dapat berenang lebih cepat daripada mangsanya. Ia tumbuh subur di perairan subarktik yang dingin dan dalam.

Berkat darahnya yang hangat, ototnya yang kuat, dan bentuk torpedonya yang ramping dengan sirip yang terlipat menjadi alur untuk mengurangi hambatan ketika berenang, tuna sirip biru dapat mencapai kecepatan yang tidak bisa ditandingi oleh hewan lain. 

Kecepatan maksimum Tuna Sirip Biru dapat mencapai 40 mil per jam lebih cepat daripada hiu putih besar atau paus orca, dan bahkan dengan kecepatan jelajah yang nyaman, mereka dapat menyeberangi Atlantik dalam waktu beberapa bulan saja.

ikan perenang ini membutuhkan banyak oksigen, tetapi Tuna sirip biru juga beradaptasi untuk kebutuhan oksigen ini. Semakin cepat ia berenang, semakin banyak air yang melewati insangnya, dan semakin banyak oksigen yang dapat diserapnya dari air itu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x