Mohon tunggu...
Katedrarajawen
Katedrarajawen Mohon Tunggu... Penulis - Anak Kehidupan

Merindukan Pencerahan Hidup Melalui Dalam Keheningan Menulis. ________________________ Saat berkarya, kau adalah seruling yang melalui hatinya bisikan waktu terjelma menjadi musik ... dan berkarya dengan cinta kasih: apakah itu? Itu adalah menenun kain dengan benang yang berasal dari hatimu, bahkan seperti buah hatimu yang akan memakai kain itu [Kahlil Gibran, Sang Nabi]

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Omong Kosong Berdebat

19 Agustus 2021   07:49 Diperbarui: 19 Agustus 2021   07:53 291
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apabila mau bicara perbedaan, maka akan ada perdebatan yang tidak selesai. Namun, bila hendak bicara kesamaan akan ada kesepahaman. 

Mengapa sering terjadi perdebatan? Jelas, karena ada berbeda paham  terhadap satu masalah. 

Sore itu mumpung santai, saya ajak anak diskusi ringan tentang agama. Bicara ini dan itu secara ringan saja. 

Akhirnya saya  bilang antara ilmu pengetahuan dan agama biasanya ada perbedaan paham. Apa yang  saya katakan sepengetahuan dari yang pernah dibaca. Tentu sudah lupa sumbernya. 

Misalnya keberadaan dunia ini dengan segala isinya. Menurut pengetahuan berdasarkan penelitian dunia ini sudah bermiliaran  tahun. Ada fosil dinosaurus umurnya ratusan juta tahun. 

Sementara menurut agama umur dunia dengan manusia sejak pertama diciptakan hanya puluhan ribu tahun. 

Anak saya serius menyimak, lalu saya bilang dari buku yang pertama dibaca ada penjelasan bahwa Tuhan sengaja menanam fosil-fosil itu untuk menguji keimanan manusia. Apakah mereka lebih percaya ilmu pengetahuan atau kitab suci?

Saya mengatakan, jawaban ini terlalu menyederhanakan masalah. 

Mendengar hal ini anak saya sedikit tersenyum. 

Sebenarnya saya mengharap ia mau memberikan pendapat mengenai hal ini agar terjadi sedikit diskusi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun