Mohon tunggu...
Katarsa ID
Katarsa ID Mohon Tunggu... Content Marketing & Digital Strategy

Reach-Engage-Inspire Content Marketing & Digital Strategy for SME, startup & brands who want to explore digital opportunities & grow their businesses www.katarsa.id

Selanjutnya

Tutup

Digital

5 Alasan Masuk ke Dunia Digital dan Content Marketing untuk Kembangkan Bisnis

8 Juli 2019   15:25 Diperbarui: 8 Juli 2019   15:49 183 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Alasan Masuk ke Dunia Digital dan Content Marketing untuk Kembangkan Bisnis
foto:styledstock.co

Istilah 'Content is King' tidak mencuat tanpa sebab. Perkembangan teknologi kini sudah tidak bisa terelakkan lagi, dan bagi para pebisnis serta pemasar, peluang demi peluang meraih target market yang lebih luas bermunculan setiap harinya, berkat teknologi yang bergerak makin cepat.

Di tengah era digitalisasi ini, rasanya ketinggalan kalau tantangan untuk memasarkan jasa dan produk hanya melalui cara-cara konvensional alias 'old-school'. Apalagi pemerintah Indonesia sedang giat-giatnya mengampanyekan era Revolusi Industri 4.0, di mana disrupsi teknologi akan semakin meniadakan kemampuan-kemampuan yang sudah usang dan dengan mudahnya menggantikannya dengan mesin, gawai, dan bahkan robot.

Saat masyarakat dunia sedang gencar melakukan segala upaya pemasaran melalui saluran digital, sayangnya masih ada kalangan, dalam hal ini misalnya sejumlah para pelaku bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yang belum sepenuhnya melek digital. Faktanya, masih banyak pelaku UMKM yang kebingungan mencari relevansi pemasaran digital dalam bisnisnya.

Banyak juga dari mereka yang bingung untuk memulai, sementara sebagian yang lain merasa tidak memiliki keahlian dan kemampuan untuk mengaplikasikan kecanggihan teknologi ke dalam bisnisnya. Apalagi untuk membuat content marketing (konten pemasaran) berkualitas yang dapat menunjang performa bisnisnya. Padahal sejatinya, semua hal dapat dipelajari selama ada rasa ingin tahu yang besar, bukan?

Nah, masih ragu atau bingung untuk melek digital? Katarsa.id punya 5 fakta menarik yang akan membuat Anda untuk tidak lagi ragu untuk terjun ke dunia digital dan konten pemasaran, sekarang juga!

1. Persaingan ketat, bung! Kata siapa?

Menurut pengamat ekonomi digital Yudi Candra, hingga akhir tahun 2018 lalu, jumlah usaha mikro di Indonesia mencapai 58,91 juta, usaha kecil 59.260, dan usaha menengah mencapai 4.987. Namun, diperkirakan baru sekitar 5% saja dari total jumlah UMKM yang akrab dan menggunakan pemasaran digital secara optimal untuk bisnis mereka.

Bagi pebisnis tulen, angka 5% di atas tentunya dapat dijadikan peluang. Artinya, kesempatan bagi para UMKM untuk bersaing di ranah digital masih terbuka lebar, asalkan dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin.

millionairemob.com
millionairemob.com
2. Era anak medsos
Hampir di seluruh pelosok Tanah Air saat ini awam dengan yang media sosial atau yang sering disingkat dengan 'medsos'. Melansir data dari Hootsuite: We Are Social, dari total 268,2 juta jiwa penduduk Indonesia di tahun 2019 ini, 150 juta jiwa atau lebih dari setengah populasi telah memiliki dan menggunakan akses internet. Uniknya, dari 150 juta pengguna internet tersebut, seluruhnya merupakan pengguna aktif media sosial, dan 130 juta di antaranya mengakses media sosial melalui perangkat ponselnya. 

bisnis.com
bisnis.com
Data di atas tentunya merupakan target market yang begitu luas untuk dijamah. Bayangkan, hanya dengan menggunakan jaringan internet, aktivasi media sosial dan mengisi kontennya dengan hal-hal unik dan istimewa tentang bisnis Anda, Anda sudah bisa menjaring ribuan atau bahkan jutaan pembeli atau pelanggan potensial!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN