Mohon tunggu...
Kastrat IMS
Kastrat IMS Mohon Tunggu... Mahasiswa - #KONTINU

Pagi Sipil! Kastrat IMS kini hadir di Kompasiana untuk membagikan beberapa tulisan dari kami.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Pesan Tersirat Mikroagresi Rasial

1 Agustus 2021   10:46 Diperbarui: 1 Agustus 2021   10:48 69 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pesan Tersirat Mikroagresi Rasial
sumber: thoughtco.com

Mikroagresi adalah suatu perbuatan secara halus  baik verbal maupun nonverbal yang dilakukan secara terus-menerus kepada suatu kelompok yang biasanya termaginalkan yang dapat merusak kepercayaan diri seseorang. 

Dalam beberapa media, bentuk mikro agresi biasanya sangat berkaitan erat dengan permasalahan rasial, namun sebenarnya mikroagresi mencakup segala bentuk serangan yang dilakukan kepada orang minoritas atau terpinggirkan seperti kelompok LGBT, penganut agama minoritas, dan suku minoritas. 

Mikroagresi rasial adalah istilah untuk sebuah serangan yang diberikan kepada ras atau identitas seseorang secara tidak tersirat

Pengenalan kata mikroagresi sendiri awalnya diperkenalkan pada tahun 1970 di Amerika untuk menggambarkan bentuk serangan rasial modern di Amerika revolusi pergerakan sipil yang bertujuan menghapus rasisme dan diskriminasi warga kulit putih terhadap warga kulit hitam. 

Mikroagresi adalah bentuk dan respon atas transisi perubahan sifat masyarakat Amerika Serikat yang telah memutus hubungan akrab dengan rasisme untuk menerima semua kalangan terutama orang kulit berwarna. 

Mikroagresi sendiri dapat dikategorikan kepada 3 bentuk yaitu microassault, microinsult, dan microvalidation.

Mikroassault adalah sebuah serangan secara rasial kepada sebuah kelompok minoritas secara verbal dan non-verbal yang bertujuan untuk merendahkan atau melukai perasaan dari korban.

Sebagai contoh memanggil seseorang dari keturunan dengan julukan rasial ataupun seseorang yang secara sengaja menghindari kontak ketika berpapasan dengan orang kulit hitam karena sentimen warga kulit putih yang jelek kepada orang kulit hitam. 

Selanjutnya adalah microinsult di mana bentuk mikroagresinya adalah dalam bentuk komunikasi tersirat yang insensitive terhadap identitas rasial seseorang. 

Microinsult biasanya tidak disadari oleh pelaku namun memiliki maksid tersirat terhadap orang yang dituju. Contoh microinsult adalah ketika seorang karyawan kulit putih mengomentari orang yang mendapat pekerjaan dengan ucapan "Saya percaya bahwa setiap orang berhak mendapat pekerjaan apapun rasnya".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN