Mohon tunggu...
kartosar
kartosar Mohon Tunggu... Freelancer - Menjadi istimewa itu membebani

Menulis untuk menjaga kewarasan - Menulis untuk melatih otak - Menulis untuk hidup

Selanjutnya

Tutup

Love

Kunci Pernikahan Bahagia

9 April 2021   14:57 Diperbarui: 9 April 2021   21:47 81 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kunci Pernikahan Bahagia
Photo by Agafonova Photo from Pexels

"Bro, belakangan ini saya ngobrol dengan pasangan mulai jarang, enggak kayak dulu." Seorang teman bertanya.

"Bagus dong, enggak ada yang ngomel-ngomel." Saya balas dengan bercanda.

Tapi teman saya serius. Dia khawatir berkurangnya komunikasi akan mempengaruhi masa depan pernikahannya yang sudah memasuki belasan tahun.

Komunikasi bukan satu-atunya yang membuat pernikahan atau hubungan bahagia. Bahkan kunci hubungan belum tentu komunikasi. Ini berdasarkan studi, atau survei yang didapat dari pengalaman langsung mereka yang sudah menikah lebih dari 50 tahun dan bahagia.

Komunikasi bukan hal terpenting dan utama dalam mencapai pernikahan bahagia. Respect adalah kuncinya. Respect bisa diterjemahkan suatu tindakan menjunjung, menghormati, menghargai, rasa hormat, atau penghormatan. Silahkan pilih sesuai selera.

Ketika ingin menikah, Mark Manson - blogger dan penulis buku - meminta saran dari orang-orang yang tak dikenalnya. Ribuan saran pernikahan masuk ke blognya. Kesimpulan Mark, mereka yang menikah dan bahagia hingga 20 tahun mengatakan komunikasi sebagai kunci pernikahan bahagia adalah berlebihan.

Untuk lebih meyakinkan, Mark juga bertanya apa masalah utama mereka yang bercerai. Komunikasi yang perlu diperbaiki. Atau, salah satu pasangan menuntut komunikasi yang lebih.

Argumen komunikasi sebagai biang kegagalan rumah tangga tak terlalu sulit dipahami. Ketika Anda hidup bersama seseorang selama belasan tahun, bahkan hingga beberapa dekade, pasti terjadi kegagalan komunikasi. Di satu momen, Anda bahkan seperti tidak mengenal dan memahami pasangan Anda.  

Itu hal yang wajar. Selalu terjadi jika Anda menikah dengan manusia. (Entah jika menikah dengan boneka)

Lalu kenapa respect?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x