Mohon tunggu...
MK
MK Mohon Tunggu... Freelancer - Cahaya Bintang

Saat diri dapat katakan CUKUP di saat itu dengan mudah diri ini untuk BERBAGI kepada sesama:)

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Poli Peduli Kanker Payudara

25 Oktober 2022   18:15 Diperbarui: 25 Oktober 2022   18:27 329
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bulan Oktober diperingati sebagai Bulan Kesadaran Kanker Payudara yang merupakan kampanye tahunan untuk meningkatkan kesadaran tentang Kanker Payudara.

Setelah bertahun menjadi pasien rumah sakit swasta yang fokus dengan kanker, beberapa hari yang lalu saat ingin kontrol payudara,baru saya tahu ada poli peduli kanker payudara khusus untuk pemeriksaan awal kanker payudara. Poli itu selama bulan Oktober mengadakan program USG payudara & mammografi dengan harga spesial lebih murah dari harga normal. Harga itu termasuk dokter umum wanita yang sudah dilatih untuk pemeriksaan awal kanker payudara. 

Keberadaan poli itu menurut saya sangat membantu wanita yang ragu dan risih untuk pertama kali pergi ke fasilitas kesehatan memeriksa benjolan atau kelainan di sekitar payudara. Selain menyediakan dokter wanita, dokter radiologi juga sebisa mungkin dicari yang wanita.  

Saya setiap mandi dan mau tidur, sering melakukan pemeriksaan payudara sendiri yang dikenal dengan sebutan SADARI. Pertama kali saya menemukan benjolan di payudara kiri dan kanan itu sekitar 10 tahun yang lalu.

Ketika jari menemukan benjolan di kedua bagian payudara, seketika itu juga tubuh langsung menjadi lemas. Karena, mama penyintas kanker payudara yang bagian kanan diangkat semua.

RISIH

Mama menyarankan saya untuk cek ke dokter kanker dia, tapi saya menolak dan memutuskan minta saran ke tetangga yang merupakan dokter kulit dan seorang wanita. Dokter itu saat periksa juga merasakan ada benjolan dan menyarankan untuk cek ke dokter kanker yang dipakai mama. 

Saya tidak setuju sarannya dan memutuskan menemui alm. dokter keluarga yang juga tetangga tapi berjenis kelamin pria.

Alm. dokter hanya mendengar cerita saya. Setelah saya selesai bercerita, beliau dengan tenang berkata,"Beberapa hari lalu teman masa SMA yang tinggal di Amerika baru selesai operasi mengangkat kedua payudara. Sebelumnya dia juga konsultasi ke almarhum. Alm. curiga benjolan dia kanker karena selama ini selalu curhat masalah hidup terutama  pernikahannya dengan pria asing yang tidak bahagia. Untuk lebih pasti jenis benjolan itu cari dokter bedah onkologi di rumah sakit dekat kantor kamu. Menurut saya, kamu tidak apa-apa."

Saya karena panik dan takut sampai lupa di dekat kantor ada rumah sakit swasta yang fokus menangani kanker. 

Saya masih ingat hari itu Sabtu dan memutuskan untuk pergi sendiri ke rumah sakit walau, mama ingin sekali ikut menemani. Dokter bedah onkologi di hari Sabtu libur dan hanya ada dokter bedah umum yang khusus ditugaskan di poli onkologi. Semua dokter di poli itu pria.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun