Mohon tunggu...
Tiara Karina Pandiangan
Tiara Karina Pandiangan Mohon Tunggu... Murid SMAN 28 Jakarta

in Saus und Braus leben

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

2 Cara Mudah Menggambar Awan Secara Digital

1 Agustus 2020   16:04 Diperbarui: 1 Agustus 2020   15:55 3001 16 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
2 Cara Mudah Menggambar Awan Secara Digital
Kedua style menggambar awan digabung. (Koleksi Pribadi)

Saat ini, banyak orang mencari hobi baru selama karantina. Beberapa bahkan mencoba mempelajari digital art dengan mencari tutorial-tutorial yang cocok. Ada juga digital artist yang mencoba meningkatkan kualitas gambarnya. 

Beberapa dari mereka ingin mencoba menggambar benda-benda langit seperti awan, dengan cara-cara baru tentunya, karena mereka bisa mengadopsikan style menggambar awan tersebut ke style gambar mereka; itu merupakan bagian dari eksplorasi. Nah, disini saya akan memberitahukan tips-tips dan cara menggambar awan dan langit!

Software yang saya gunakan disini adalah Clip Studio Paint berbahasa Jepang, namun jangan khawatir, karena akan saya terjemahkan. Jika kamu menggunakan software lain seperti MediBang, FireAlpaca, Ibis Paint dan sebagainya, kamu bisa menyesuaikan saja, ya. 

Pertama, kamu mau menggambar awan yang terlihat fluffy atau yang terlihat tipis, nih? Saya akan menjelaskan cara menggambar awan yang terlihat soft dan fluffy dahulu, ya. Kalau kamu mau menggambar awan yang terlihat tipis, kamu bisa skip saja ke cara yang kedua. 

Yuk ambil stylus-mu dan coba! (Atau kalau kau mengambar di handphone, siapkan jarimu!)

1. Awan Fluffy

  • Gambar langit terlebih dahulu

Warna langit yang saya gunakan disini adalah biru. Ingat, langit tidak pernah hanya satu warna solid! Langit memiliki gradien. Kamu bisa menggunakan gradien untuk mewarnai langit. Saya disini menggunakan brush watercolor. Saya biasanya mewarnai langit bagian bawah dengan biru yang lebih tua, namun terserah Anda jika ingin mewarnai sebaliknya.

Bagian bawah langit lebih gelap. (Koleksi Pribadi)
Bagian bawah langit lebih gelap. (Koleksi Pribadi)
  •  Menggambar Base Awan

Saat mewarnai secara digital, JANGAN PERNAH pakai warna yang benar-benar putih atau hitam, karena akan terlihat jelek! Warna putih bisa diganti dengan warna kuning terang yang mendekati putih, dan warna hitam bisa diganti dengan warna ungu tua yang keabu-abuan. 

Hal yang sama juga diaplikasikan disini. Kita akan memakai warna kuning terang untuk base awan. Untuk brush, kita akan memakai watercolor brush yang solid (opaque watercolor dalam CSP).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x