Mohon tunggu...
Karina Aletheia
Karina Aletheia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

mahasiswa semester akhir yang bucin kpop

Selanjutnya

Tutup

Beauty

Ingin Memiliki Kulit yang Sehat? Yuk, Simak Pentingnya Melakukan Double Cleansing!

15 Juli 2022   10:00 Diperbarui: 15 Juli 2022   10:04 57 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

Siapa di sini yang ingin punya wajah glowing ala artis Korea? Sebagai wanita, kebanyakan kita merasa cukup dengan membersihkan wajah menggunakan sabun cuci muka dan air. Memang cara tersebut tidak salah, tetapi ada cara yang lebih efektif lagi dalam membersihkan wajah yaitu double cleansing !

      Double cleansing itu apa sih? Double cleansing merupakan teknik membersihkan wajah yang melalui dua tahap pembersihan dan menggunakan bahan yang berbeda. Teknik double cleansing ini dipopulerkan oleh para wanita asal Jepang. Tidak hanya dapat membersihkan kotoran, double cleansing juga berperan penting dalam mengurangi minyak berlebih (sebum) pada wajah.

      Lalu bagaimana cara melakukan double cleansing? Caranya cukup mudah, tetapi sebelum mencoba, pastikan kamu sudah mencuci tangan ya! Tahapan pertama adalah pembersihan wajah menggunakan bahan dasar minyak seperti cleansing oil (untuk tipe kulit normal dan berminyak) atau cleansing balm (untuk tipe kulit kering dan sensitif). Tahap pertama ini berfungsi untuk membersihkan sisa kosmetik, debu serta sunscreen pada wajah. Setelah itu, kamu dapat melakukan tahap kedua yaitu membersihkan wajah dengan sabun pembersih dan dibilas menggunakan air. Double cleansing dapat dilakukan dua kali sehari, yaitu  pada saat pagi hari dan malam hari setelah melakukan aktifitas. Nah, lantas apa saja sih fungsi dari double cleansing? Melansir dari beberapa sumber, salah satunya The Asian Parent, berikut adalah 5 manfaat melakukan double cleansing, Simak yuk!

1. Mengangkat Kotoran

Membersihkan wajah dengan bahan dasar minyak dapat membersihkan debu dan sisa kosmetik secara efektif. Bahan minyak, baik yang berasal dari mineral dan tumbuhan dapat melarutkan bahan-bahan berat yang tidak dapat dibersihkan secara maksimal oleh sabun muka, seperti kosmetik, sunscreen, serta kotoran yang menempel pada wajah. Selain itu, double cleansing dapat mengangkat sel-sel kulit mati sehingga wajah menjadi lebih cerah.

2. Mencegah Tumbuhnya Jerawat    

Jerawat dapat muncul karena adanya minyak berlebih pada wajah, menumpuknya kulit mati dan tumbuhnya bakteri Propionibacterium acnes di kulit. Dengan melakukan double cleansing, minyak berlebih pada wajah dapat berkurang, dan sel kulit mati tidak menumpuk sehingga jerawat tidak mudah timbul. Double cleansing juga dapat membersihkan wajah secara maksimal sehingga mencegah pertumbuhan bakteri jerawat.

3. Membersihkan Pori-pori

Sering kali, debu dan residu dari kegiatan selama 24 jam akan menempel pada wajah dan menyumbat kulit. Jika pori-pori banyak tersumbat oleh kotoran, maka pori-pori akan terlihat lebih besar. Teknik double cleansing mampu membersihkan pori-pori secara mendalam, sehingga pori-pori menjadi bersih dan terlihat lebih kecil.

4. Melembapkan Kulit

Penumpukan kotoran dapat menyebabkan kolagen berkurang sehingga kulit jadi cepat kering. Maka dari itu, penggunaan cleansing oil dapat memberikan kelembapan pada wajah. Tidak hanya membersihkan, kandungan minyak juga akan menjaga kelembapan wajah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan