Mohon tunggu...
Kanya Anindita
Kanya Anindita Mohon Tunggu... Content Writer

I write a lot of topics including business, lifestyle & travel

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

5 Tips Mengoptimalkan Manajemen Rantai Suplai Bisnis Retail

26 April 2019   14:56 Diperbarui: 26 April 2019   14:58 628 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Tips Mengoptimalkan Manajemen Rantai Suplai Bisnis Retail
5 Tips Mengoptimalkan Manajemen Rantai Suplai Bisnis Retail

Salah satu masalah besar yang dikhawatirkan oleh setiap pemilik bisnis retail adalah kemacetan profitabilitas yang diakibatkan oleh ketidaklancaran dalam rantai suplai. Ini bisa dikarenakan perolehan barang yang terlambat, kekurangan stok, logistik yang tidak berjalan dengan baik, dan lain-lain. 

Supaya hal-hal tersebut tidak terjadi pada bisnis Anda, Anda perlu mengoptimalkan manajemen rantai suplai Anda. Berikut ini adalah beberapa tips sederhananya. 

1. Jaga Tingkat Stok Barang dengan Baik

Inventaris memainkan peran paling penting dalam rantai suplai, sebab inventaris menentukan tercapainya pemenuhan permintaan konsumen. Menjaga tingkat persediaan akan membantu Anda menghindari penghentian yang dapat mengakibatkan ketidakpuasan konsumen. 

Untuk menjaga agar persediaan barang Anda selalu memadai, Anda terlebih dahulu harus menentukan tingkat minimum persediaan. Pastikan sistem manajemen inventaris yang Anda gunakan menyediakan low inventory alert yang mengingatkan Anda bahwa persediaan Anda sudah mendekati batas minimum. 

Penting sekali bagi Anda untuk mengecek ketersediaan suplai secara teratur. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda dapat melihat data inventaris secara real-time melalui inventory management software yang Anda gunakan.

2. Bangun Hubungan yang Baik dengan Pemasok

Manajemen rantai suplai dalam bisnis retail tidak akan berjalan dengan baik tanpa bantuan pemasok. Inilah mengapa penting bagi Anda untuk memiliki hubungan yang baik dengan mereka. 

Anggap pemasok Anda sebagai aliansi, karena kedua belah pihak bekerja sama untuk meningkatkan hubungan antara pembeli dan pemasok. Oleh karena itu, pastikan komunikasi antara Anda dan pemasok selalu lancar tanpa hambatan. 

Penting juga untuk membayar seluruh tagihan Anda tepat waktu agar pemasok tetap percaya pada Anda. Pertimbangkan untuk menggunakan sistem terpusat yang memudahkan Anda mulai dari mengecek tagihan dari pemasok, melihat penawaran, mengirim permintaan dan purchase order, hingga mengirim bukti pembayaran.

3. Tingkatkan Efisiensi Logistik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN